PPP Bela Kaesang: Memang Mardani Mau Privilege Anaknya Diatur Khusus?

ADVERTISEMENT

PPP Bela Kaesang: Memang Mardani Mau Privilege Anaknya Diatur Khusus?

Dwi Rahmawati - detikNews
Kamis, 26 Jan 2023 11:42 WIB
Ketua DPP PPP Achmad Baidowi
Foto: Achmad Baidowi (Faiq Azmi/detikJatim).
Jakarta -

Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi merespons pernyataan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera soal aturan khusus bagi keluarga inti presiden dalam berkarier di politik. Menurut politikus yang disapa Awiek ini, semestinya Mardani tak perlu mengusulkan wacana yang tidak produktif.

"Sebaiknya juga tidak perlu bikin wacana yang aneh-aneh, nggak produktif, lebih baik fokus saja bahwa demokrasi itu memberikan kesempatan kepada siapa pun untuk berkiprah di politik dan silakan," kata Awiek kepada wartawan, Kamis (26/1/2023).

Awiek menyebut, berkaca asas keadilan yang disampaikan Mardani, semestinya Kaesang juga punya hak untuk berkiprah di dunia politik. Ia mempertanyakan akankah ada aturan bagi anak seorang pejabat selain presiden jika usulan itu diterapkan.

"Kalau nanti diberikan aturan khusus privilege bagi anak presiden apakah nanti ada aturan privilege bagi anak DPR, anak menteri, anak pejabat, hakim dan seterusnya. Itu kan nggak bagus juga kalau memang equal to equal memperlakukan yang sama. Memang mau, anaknya Pak Mardani Ali Sera diberikan aturan khusus privilege kan nggak bisa juga," ungkapnya.

"Saya menggunakan logika yang dipakai Pak Mardani Ali Sera yakni menggunakan basis keadilan. Yang namanya keadilan itu nggak ada batasan karena itu hak politik," kata dia.

Menurut Awiek tak ada yang salah jika putra bungsu presiden tertarik ke dunia politik. Ia menyebut ada hak bagi setiap warga negara yang diatur undang-undang.

"Setiap warga negara memiliki hak dipilih dan memilih," imbuhnya.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan adik bungsunya, Kaesang Pangarep, tertarik terjun ke dunia politik. PKS mengusulkan ada aturan khusus bagi keluarga inti presiden dalam berkarier di politik.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengatakan semua individu memiliki hak untuk mencalonkan dan dicalonkan untuk menempati jabatan publik. Dia menekankan proses politik harus diterapkan asas keadilan.

"Semua orang punya hak, mencalonkan dan dicalonkan. Bagus buat politik jika anak muda masuk ke politik. Walau bagaimanapun mesti diterapkan asas keadilan," kata Mardani dalam cuitan di akun Twitter-nya seperti dilihat, Rabu (25/1/2023).

Namun, menurut Mardani, Kaesang memiliki privilese ketimbang pemuda lainnya.

"Seorang anak Presiden punya privilege yang tidak dimiliki pemuda lain," ujarnya.

Dengan demikian, Mardani mengusulkan dibuat aturan yang melarang keluarga inti Presiden dicalonkan untuk jabatan publik yang menggunakan mekanisme pemilihan publik.

"Bagus dibuat aturan, keluarga inti Presiden dilarang dicalonkan untuk jabatan publik yang menggunakan mekanisme pemilihan publik. Baik agar sistem berjalan dan adil bagi semua orang," katanya.

Tonton juga Video: Kaesang Minat ke Politik, Golkar Siap Buka Pintu

[Gambas:Video 20detik]



(dwr/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT