Ini Alasan PKS Belum Mau Deklarasi Capres Bareng NasDem-Demokrat

ADVERTISEMENT

Ini Alasan PKS Belum Mau Deklarasi Capres Bareng NasDem-Demokrat

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 26 Jan 2023 08:52 WIB
Juru Bicara PKS Ahmad Fathul Bari
Ahmad Fathul Bari (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan koalisi partainya bersama PKS dan Demokrat masih menunggu momentum untuk dideklarasikan. Juru bicara PKS Ahmad Fathul Bari mengungkap alasan partainya belum mau deklarasi capres bareng NasDem dan Demkorat. Apa alasannya?

"Pilpres juga masih cukup waktu hingga pendaftaran, bahkan saat ini pun belum ada satupun pasangan calon yang dideklarasikan bersama-sama dengan koalisi parpolnya," kata Fathul Bari kepada wartawan, Rabu (25/1/2023).

Dia mengatakan proses untuk Pilpres 2024 koalisi bersama NasDem dan Demokrat pembahasannya semakin matang. Menurutnya, keputusan mengusung capres dan deklarasinya, PKS akan segera menyampaikan ke publik.

"PKS saat ini juga terus berproses untuk memutuskan, tetapi insya Allah mudah-mudahan segera dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama lagi. Nanti jika sudah tiba waktunya pasti akan diumumkan," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan koalisi partainya bersama PKS dan Demokrat masih menunggu momentum untuk dideklarasikan. Hingga saat ini, kata Willy, masih muncul perspektif yang berbeda.

"Koalisi ya jalan komunikasi bagus, tinggal tunggu momentum kapan mau deklarasi. Memang ada beberapa hal yang perspektif ada teman-teman yang ingin itu deklarasinya berbarengan dengan antara capres-cawapres ya," kata Willy di kampus UMJ, Tangerang Selatan, Rabu (25/1).

Willy menuturkan, untuk sementara kesepakatan dengan PKS dan Demokrat, deklarasi capres-cawapres akan dilakukan per partai. Namun NasDem sendiri lebih ingin mendeklarasikan capres terlebih dahulu.

"Kalau sejauh ini, kesepakatan terakhir itu teman-teman deklarasi (capres) per partai dulu. Kalau NasDem melihat deklarasinya capres dulu aja belum berpasangan, karena kita lihat situasi dan dinamika politik tokoh sebelah," ujarnya.

"Tentu kita harus cermat dalam hal ini, itu hal yang paling penting. Dan sejauh ini itu yang kemudian kenapa deklarasi bersama belum kunjung ya karena belum ada kata putus untuk soal itu. Kalau yang lain sudah beres," tambahnya.

Willy belum dapat memastikan kapan koalisi perubahan akan dideklarasikan. Namun ia menyebut NasDem menargetkan sebelum bulan Juni 2023, koalisi akan dideklarasikan.

Lihat juga Video: Debat Panas Politisi PDIP-NasDem soal Dosa Anies di Pilgub DKI 2017

[Gambas:Video 20detik]



(fas/aud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT