Direktur PPI: Kaesang 'Merem Saja' Banyak Partai Siap Usung di Pilkada

ADVERTISEMENT

Direktur PPI: Kaesang 'Merem Saja' Banyak Partai Siap Usung di Pilkada

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 26 Jan 2023 07:54 WIB
Kaesang Pangarep di Puro Mangkunegaran
Kaesang Pangarep (Foto: Tara Wahyu NV/detikJateng)
Jakarta -

Anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep berencana maju di pemilihan kepala daerah atau pilkada mendatang. Kaesang dinilai tidak akan kesulitan mendapat 'kendaraan politik' jika nantinya mencalonkan sebagai kepala daerah.

Hal tersebut diungkap oleh Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno. Dia menyebut Kaesang memiliki privilege karena anak Presiden Jokowi.

"Status sebagai anak presiden tentunya bikin Kaesang punya privilege politik yang tak dimiliki yang lain. Pastinya banyak partai yang tertarik mengusung maju," kata Adi kepada wartawan, Rabu (25/1/2023).

Adi mengatakan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto sudah vulgar merasa senang jika Kaesang masuk Gerindra. Bahkan PPP, kata dia, siap dukung Kaesang jika maju dalam Pilkada di Solo.

"Tapi yang jelas Kaesang pastinya dikaitkan dengan PDIP juga mengungat Jokowi dan Gibran kader PDIP," ucapnya.

Menurut Adi, Kaesang tinggal mengutarakan kesiapannya maju di pilkada mana. Maka, kata Adi, partai politik pasti langsung merapat untuk mendukung dan memenangkan Kaesang.

"Merem saja banyak partai yang akan siap all out usung dan menangkan Kaesang. Saat ini Kaesang sangat populer. Ini jadi bekal bagus maju pilkada," ujarnya.

Lebih lanjut, Adi mengatakan Kaesang kini dikaitkan sebagai suksesor kakaknya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Sebab, Gibran akan diproyeksikan maju dalam pemilihan gubernur Jawa Tengah (Jateng) atau DKI Jakarta pada 2024 mendatang.

"Ini saatnya bagi Kaesang deklarasi maju pilkada, mumpung auranya sebagai anak presiden, pengusaha muda sukses, masih kuat," imbuhnya.

Untuk diketahui, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan adiknya, Kaesang Pangarep, berencana maju di pemilihan kepala daerah atau pilkada. Gibran menyebut adiknya berkeinginan untuk menjadi kepala daerah.

"Eksekutif (maju), kui wis tak bocori kui. Iya saja juga bingung, bingung dan agak syok," katanya usai groundreaking Museum Sains dan Teknologi di Pedaringan, Solo, Rabu (25/1/2023) seperti dilansir detikJateng.

Gibran pun mengingatkan Kaesang untuk membangun karier politik dari level bawah. Gibran mengatakan Kaesang berkeinginan maju sebagai eksekutif atau kepala daerah.

"Ya dari level bawah dulu, mosok langsung Presiden. Bukan DPR, eksekutif," ungkapnya.

Simak Video: Kaesang Minat ke Politik, Golkar Siap Buka Pintu

[Gambas:Video 20detik]




(fas/aud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT