Golkar ke Kaesang yang Tertarik Terjun Politik: Harus Berproses Dari Bawah

ADVERTISEMENT

Golkar ke Kaesang yang Tertarik Terjun Politik: Harus Berproses Dari Bawah

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 25 Jan 2023 12:39 WIB
Melchias Markus Mekeng/Ketua Komisi XI DPR/Golkar
Waketum Golkar Melchias Markus Mekeng (Foto: Aditya Mardiastuti/detikcom)
Jakarta -

Waketum Partai Golkar Melchius Markus Mekeng memberikan pesan ke Putra Bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep yang disebut tertarik terjun ke dunia politik. Mekeng menekankan perlunya berproses dari bawah.

Mulanya Mekeng mengapresiasi niat Kaesang yang menurutnya melakukan sebuah pengabdian. Mekeng menilai masuknya Kaesang ke gelanggang politik akan menjadi penerus para politikus senior yang berusia senja.

"Ya yang pasti prinsip dasarnya orang mau jadi politisi itu sebetulnya kan melakukan pengabdian. Kalau ada orang yang menginginkan terjun ke politik ya saya mengapresiasi. Apalagi anak muda, karena akan menjadi penerus politisi-politisi yang udah umur," kata Mekeng saat dihubungi, Rabu (25/1/2023).

Hanya, lanjut Mekeng, Kaesang perlu berkarier dari bawah untuk menjadi seorang politikus. Hal ini menurutnya, agar Kaesang nantinya dapat menjadi politikus yang matang.

"Cuma, dia harus sebaiknya mengikuti proses sewajarnya sehingga benar-benar matang menjadi seorang politisi. Politisi itu bisa matang kan berdasarkan jam terbangnya. Semakin banyak jam terbangnya tentunya, semakin matang mengambil keputusan," kata dia.

Mekeng berpesan Kaesang perlu menjalani karier politiknya dari bawah. Sehingga tidak karena 'anak petinggi' langsung berada di puncak.

"Jadi silakan aja ya, tapi kalau bisa berproses dari bawah. Jadi nggak semata anak petinggi kemudian langsung di puncak, itu tidak sehat juga untuk demokrasi. Makanya di parpol kan ada pimpinan ketua kaderisasi organisasi," katanya.

Mekeng juga berpesan agar Kaesang rajin mengikuti kegiatan-kegiatan politik di parpol. "Kalau mau bergabung ke parpol, ikutilah kegiatan-kegiatan di parpol supaya tidak ujug-ujug," kata dia.

Lebih lanjut, Mekeng memastikan partainya terbuka untuk siapapun yang hendak berkarier di politik. Mekeng menyambut hangat Kaesang apabila ingin bergabung ke Golkar.

"Oh, ya, kalau Golkar kan partai terbuka siapa pun yang masuk kita welcome apalagi ini anak muda. Kita senang anak muda supaya terjadi kaderisasi," katanya.

Selengkapnya di halaman berikut

Simak Video: Kagetnya Jokowi-Gibran saat Kaesang Sebut Tertarik Terjun ke Politik

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT