PAN Rayu Kaesang Jadi Kader: Agar Jangan 'Satu Rumah' dengan Gibran

ADVERTISEMENT

PAN Rayu Kaesang Jadi Kader: Agar Jangan 'Satu Rumah' dengan Gibran

Dwi Rahmawati - detikNews
Selasa, 24 Jan 2023 15:33 WIB
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi
Foto: Viva Yoga Mauladi (Amir Baihaqi/detikcom).
Jakarta -

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi merespons kabar putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, yang tertarik untuk masuk politik. Viva mengajak Kaesang untuk masuk ke PAN.

"Sangat baik jika Mas Kaesang masuk dunia politik. Ini representasi dari kaum milenial dan generasi Z. Dan politik diisi oleh anak muda yang memiliki visi, ide dan gagasan yang kontekstual dengan jamannya," kata Viva saat dikonfirmasi, Selasa (24/1/2023).

Viva menyebut ada baiknya Kaesang melabuhkan karier politiknya di PAN. Hal ini, kata Viva, agar Kaesang tak satu partai dengan Wakil Kota Solo Gibran Rakabuming di PDIP.

"Dan akan sangat baik lagi jika Mas Kaesang menjadi kader PAN saja. Mengapa begitu? Agar jangan 'satu rumah' dengan Mas Gibran supaya nantinya bisa bersaing secara politik," ujar Viva.

Viva menilai keinginan Kaesang terjun ke politik seperti pribahasa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Menurutnya, itu merupakan hal yang wajar dan biasa di politik.

"Artinya keluarga politisi akan melahirkan anak politisi. Keluarga artis akan melahirkan anak artis. Hal itu sesuatu yang wajar dan lumrah saja, darah yang mengalir, budaya dan kebiasaan keluarga yang terbentuk, itu menjadi faktor penting dalam menentukan pilihan eksistensi seseorang," kata dia.

Gibran Rakabuming Raka sebelumnya mengungkapkan adik bungsunya, Kaesang Pangarep, tertarik terjun ke dunia politik. Gibran mengatakan Kaesang bicara tertarik masuk politik di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Mungkin kemarin yang kita bicarakan di meja makan itu malah Kaesang. Kaesang kemarin, aku yo kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke saya, ke bapak, ada ketertarikan di politik," kata Gibran dilansir detikJateng, Selasa (24/1/2023).

Gibran mengaku tidak tahu langkah yang akan diambil sang adik, apakah akan melenggang di Pemilu 2024 nanti atau tidak. "Nggak tahu (2024) ya kan saya baru dengar kemarin," ujarnya.

Kata Gibran, Jokowi kaget mendengar pernyataan dari Kaesang itu. Gibran menegaskan bahwa biasanya Kaesang tidak pernah membahas mengenai politik.

Menurut Gibran, Kaesang masih melakukan penjajakan dan masih tanya-tanya ke dirinya dan Presiden Jokowi.

"Ya intinya masih tanya-tanya, tapi memang kemarin dirinya menyatakan pengin gitu. Kan kemarin kita ajak juga ke Solo Safari, Solo Trecknopark, Ngarsopuro, ternyata bisa gitu," bebernya.

Simak Video 'Kagetnya Jokowi-Gibran saat Kaesang Sebut Tertarik Terjun ke Politik':

[Gambas:Video 20detik]



(dwr/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT