Kiprah Kaesang Pangarep yang Disebut Tertarik Masuk Politik

ADVERTISEMENT

Kiprah Kaesang Pangarep yang Disebut Tertarik Masuk Politik

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 24 Jan 2023 14:12 WIB
Kaesang pangarep ditemui di Balai Kota Solo, Senin (24/10/2022).
Kaesang Pangarep. (Tara Wahyu NV/detikJateng)
Jakarta -

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, disebut Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tertarik masuk ke dunia politik. Bagaimana kiprah Kaesang selama ini?

Gibran mengatakan Kaesang bicara tertarik masuk politik langsung di hadapan Jokowi. Mendengar Kaesang tertarik masuk politik, Jokowi dan Gibran cukup kaget.

"Mungkin kemarin yang kita bicarakan di meja makan itu malah Kaesang. Kaesang kemarin, aku yo kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke saya, ke bapak, ada ketertarikan di politik," kata Gibran dilansir detikJateng, Selasa (24/1/2023).

Gibran mengaku tidak tahu langkah yang akan diambil sang adik, apakah akan melenggang di Pemilu 2024 nanti atau tidak. "Nggak tahu (2024) ya kan saya baru dengar kemarin," ujarnya.

Kiprah Kaesang

Kaesang Pangarep merupakan putra bungsu Jokowi dan Iriana. Kaesang, lahir di Solo pada 25 Desember 1994, dikenal sebagai sosok yang humoris dan aktif di media sosial, khususnya aktif di Twitter.

Kaesang menempuh pendidikan SMA di Singapura mengikuti jejak sang kakak, Gibran Rakabuming Raka. Setelah lulus dari Anglo-Chinese School International dengan mengambil program International Baccalaureat, Kaesang pun melanjutkan kuliah di Singapore Institute of Management University.

Kaesang mulai menjadi sorotan saat Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta. Saat itu, segala tindak tanduk Kaesang cukup mendapat perhatian dari publik. Apalagi, Kaesang juga aktif di media sosial.

Kaesang juga aktif menulis blog dan vlog. Beberapa karyanya sempat mencuri perhatian publik. Salah satunya kala ia mengulas tentang Jokowi yang senang memelihara kodok, sehingga memunculkan panggilan 'kecebong' untuk simpatisan Jokowi.

Sama seperti Gibran, pria yang punya hobi nge-gym ini juga lebih memilih berwirausaha ketimbang ikut terjun ke dunia politik. Bersama Gibran, Kaesang berbisnis martabak dan jas hujan.

Bisnisnya pun terus berkembang. Tak hanya martabak dan jas hujan, Kaesang juga merambah bisnis kopi dan pisang hingga membuka sebuah restoran bersama Gibran dan Chef Arnold.

Pada tahun 2020, Gibran Rakabuming masuk dunia politik maju Pilwalkot Solo dan terpilih. Ipar Kaesang, Bobby Nasution juga masuk dunia politik maju di Pilwalkot Medan 2020 dan menang. Sementara Kaesang tetap di dunia wirausaha.

Simak Video 'Kagetnya Jokowi-Gibran saat Kaesang Sebut Tertarik Terjun ke Politik':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT