Giring Ganesha Kini Targetkan Masuk DPR Usai Mundur Bursa Pencapresan

ADVERTISEMENT

Giring Ganesha Kini Targetkan Masuk DPR Usai Mundur Bursa Pencapresan

Eva Safitri, Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Selasa, 17 Jan 2023 08:05 WIB
Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendaftarkan menjadi peserta Pemilu 2024. Rombongan PSI dipimpin langsung Giring Ganesha selaku Ketum.
Momen Giring Daftar PSI jadi Peserta Pemilu 2024 ke KPU (Foto: A.Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Usai mengurungkan niat menjadi calon presiden 2024, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha memiliki target baru di pemilu mendatang. Saat ini Giring berkeinginan terpilih menjadi anggota DPR RI.

Merasa Belum Layak

Giring menarik kehendaknya untuk maju capres 2024 karena merasa belum layak. Setelah mengurungkan niat itu, dia mengaku ingin fokus mendorong para kadernya untuk maju di kursi legislatif.

"PSI sebagai partai terbuka sejak awal memberikan kesempatan kepada kader-kadernya untuk maju sebagai pemimpin-pemimpin nasional dan daerah, tidak terkecuali saya yang memberanikan diri untuk maju sebagai calon presiden RI di 2024. Saya bekerja dan berkeliling RI untuk mewujudkan keinginan saya tersebut, saya bersyukur dapat bertemu sebanyak mungkin rakyat dan tokoh-tokoh di berbagai provinsi dan kabupaten/kota," kata Giring saat konferensi pers via YouTube DPP PSI, Kamis (24/2/2022).

Namun, setelah berkeliling, Giring justru menemukan fakta bahwa masyarakat menganggap pemimpin yang ideal adalah seperti Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, banyak rakyat yang masih menghendaki Jokowi memimpin kembali Indonesia namun terkendala konstitusi.

"Ada satu fakta yang hendak saya sampaikan, ketika saya berbicara soal sosok pemimpin ideal, nama Pak Jokowi adalah sosok yang mendapatkan tempat di hati rakyat Indonesia, banyak sekali rakyat Indonesia yang ternyata masih menghendaki sosok Jokowi untuk memimpin Indonesia. Ini adalah fakta di lapangan, sekaligus aspirasi masyarakat yang sangat mencintai Jokowi. Namun dibatasi oleh konstitusi bahwa presiden hanya bisa dijabat selama 2 periode," ucapnya.

Atas temuan itu juga, Giring justru berpikir bahwa dirinya belum layak untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada 2024. Dia pun memutuskan hari ini untuk mundur dari capres 2024.

"Berdasarkan fakta itu, saya merasa bahwa tahun 2024 belumlah waktu bagi saya untuk maju sebagai calon presiden RI. Maka hari ini dengan penuh kesadaran saya H Giring Ganesha Jumaryo mengumumkan mundur dari pencalonan presiden RI. Terima kasih dukungan rakyat Indonesia, para donatur, para relawan selama beberapa bulan terakhir. Semoga kita semakin solid dan terus bergerak memperbaiki dan membangun Indonesia tercinta," ujarnya.

Kini Giring menargetkan diri lolos parlemen, simak di halaman berikut

Lihat Video: Badai Sebut Giring Jadi Sosok Inspirasinya Terjun ke Politik

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT