Badai Eks Kerispatih Ungkap Alasan Gabung PSI, Ingin Perjuangkan Hak Musisi

ADVERTISEMENT

Badai Eks Kerispatih Ungkap Alasan Gabung PSI, Ingin Perjuangkan Hak Musisi

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Senin, 16 Jan 2023 13:22 WIB
Jakarta -

Mantan Kibordis Kerispatih Doadibadai Hollo atau akrab disapa Badai dikukuhkan menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Badai memiliki visi misi untuk memperjuangkan hak-hak musisi Indonesia.

Mulanya, Badai menjelaskan alasannya melabuhkan diri ke PSI. Ia mengaku PSI memberikan ruang baginya untuk memperjuangkan hak-hak musisi dan seniman yang banyak terjadi.

"Saya tidak mau menjadi generasi yang pasif, atau generasi yang apatis terhadap keadaan. Karena motto saya adalah perubahan yang masif akan lahir dari generasi yang aktif," kata Badai di Kantor DPP PSI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (16/1/2023).

Badai mengaku memiliki tiga target setelah bergabung dengan PSI. Pertama, kata Badai, dia bakal fokus dengan nasib musisi yang kerap kali didera masalah soal hak cipta. Ia menilai banyak Undang-Undang hingga produk-produk hukum yang dalam pelaksanaannya tidak dijalankan atau minim sosialisasi.

"Sehingga saya melihat bahwa ini perlu pergerakan. Perlu movement, bukan hanya dari kami-kami ini yang ada dalam sebuah partai, tetapi juga movement dari stakeholder sendiri. Baik itu dari generasi musisinya atau pun dari adik-adik kita yang di bawah-bawah ini yang belum mengerti apa-apa," ungkap dia.

Badai juga mengaku memiliki niat untuk membentuk Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang khusus berfokus kepada masalah-masalah musisi. Ia mengaku banyak melihat pencipta lagu di tanah air yang tak mendapat solusi saat didera masalah dalam dunia musik.

"Ketika musisi, bahkan seniman ini tidak memiliki apa-apa bahkan kekuatan apapun, maka lembaga bantuan hukum ini berguna untuk menyediakan konsultasi dan solusi bagi mereka," ungkap Badai.

Terakhir, Badai mengaku memiliki kekhawatiran soal rasa bangga anak muda terhadap budaya Indonesia. Ia menilai pemuda saat ini tak lagi menghargai dan menghormati budaya Indonesia.

"Nomenklatur budaya kita sangat banyak, tapi sedikit yang mengetahui bahwa Indonesia ini berbudaya yang sangat kaya," kata dia.

"Maka melalui perjuangan Badai bersama teman-teman PSI, maka saya berharap ada perubahan yang masif terjadi di Indonesia, mari kita badaikan Indonesia," tutup Badai.

Proses pengukuhan Badai menjadi anggota PSI sendiri dilakukan di kantor DPP PSI di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Hadir dalam kegiatan itu Ketua Umum PSI Giring Ganesha, Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka, dan ketua DPD PSI Bekasi Tanti Herawati.

(mha/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT