Keluar dari PSI, Michael Sianipar Beri Bocoran Bakal Gabung Partai Lain

ADVERTISEMENT

Keluar dari PSI, Michael Sianipar Beri Bocoran Bakal Gabung Partai Lain

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 10 Des 2022 07:41 WIB
Michael Victor Sianipar
Michael Victor Sianipar. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Michael Victor Sianipar menyatakan hengkang dari PSI. Selanjutnya, akan berlabuh ke partai apa perjalanan politik Michael Sianipar?

"Tentu saya masih memiliki cita-cita bahwa semangat dan idealisme pemuda bisa disalurkan dalam mentransformasi perpolitikan Indonesia dan turut menentukan arah pembangunan bangsa," kata Michael Sianipar kepada wartawan, Jumat (9/12/2022).

"Ke mana saya berlabuh berikutnya, saya berharap cita-cita itu bisa saya perjuangkan lebih lagi, dan partai itu memiliki komitmen memberikan ruang bagi jiwa dan partisipasi pemuda secara serius dan konsisten mewarnai perpolitikan Indonesia," imbuhnya.

Michael Sianipar tak menutup diri untuk bergabung dengan partai lain usai hengkang dari PSI. Namun, dia menekankan partai selanjutnya harus memberi ruang terbuka bagi anak muda.

"Saya jalin komunikasi dan silaturahmi dengan partai-partai yang mau berdiskusi tentang peran pemuda ke depan bagi Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, lebih dari setengah penduduk Indonesia adalah milenial dan Gen Z. Partai yang terbuka dan mau berdiskusi dengan anak muda menarik Michael Sianipar untuk bergabung.

"Selama kekuatan dan institusi politik itu menyadari pentingnya melibatkan dan memberi ruang bagi pemuda, ya saya pasti sangat tertarik untuk bekerja sama dan kolaborasi apapun bentuknya," imbuhnya.

Ketum PSI Giring Ganesha sebelumnya mengungkapkan alasan Michael Sianipar hengkang dari Ketua DPW PSI Jakarta dan sebagai kader PSI. Giring mengatakan mundurnya Michael dari PSI atas keputusan pribadi Michael.

"Ya kan mungkin sudah tidak sejalan lagi kan, satu. Yang kedua, juga mau bilang ya good luck aja di tempat yang baru," kata Giring kepada wartawan di SDN Pondok Cina 1 Depok, Jumat (9/12).

Giring menegaskan tidak ada rencana PSI untuk mengeluarkan Michael sebelumnya. PSI, kata dia, akan mengeluarkan kader yang melanggar nilai-nilai fundamental.

"Kita itu mempertimbangkan bahwa seseorang itu bisa kita keluarkan kalau mereka korupsi itu yang paling fundamental, mereka korupsi, mereka pernah melakukan KDRT, dan juga kegiatan yang intoleran itu pasti langsung kita keluarin. Kita di DPD tidak pernah ada isu mengeluarkan dia sih," ujar Giring.

Giring mengonfirmasi kembali bahwa keputusan Michael Sianipar yang hengkang dari PSI merupakan keputusan pribadi. "Iya keputusan dia sendiri," jelas Giring.

Simak video 'Michael Sianipar Putuskan Mundur dari Ketua PSI Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT