Analisis Hensat soal Mahfud Jadi Cawapres Teratas Musra Gorontalo

ADVERTISEMENT

Analisis Hensat soal Mahfud Jadi Cawapres Teratas Musra Gorontalo

Matius Alfons Hutajulu - detikNews
Rabu, 07 Des 2022 23:31 WIB
Hendri Satrio
Hendri Satrio. (Dok. istimewa)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md menjadi cawapres teratas hasil Musra relawan Jokowi di Gorontalo. Mahfud dinilai unggul dalam Musra Gorontalo karena dua alasan.

"Bukan hal yang mengagetkan bila nama Mahfud Md menjadi salah satu calon wakil presiden nanti 2024, ada 2 alasannya," kata pendiri Lembaga KedaiKOPI Hendri Satrio kepada wartawan, Rabu (7/12/2022).

Pria yang akrab disapa Hensat ini mengungkap alasan pertama berkaitan dengan sosok Mahfud Md yang sempat jadi Cawapres Jokowi di 2019. Bahkan, kata dia, Mahfud nyaris resmi jadi cawapres Jokowi di 2019.

"Nama Mahfud pernah beredar kuat sebagai salah satu cawapres Pak Jokowi, bahkan hampir saja diumumkan," ucapnya.

Selain itu, Hensat mengatakan Mahfud Md sosok yang mewakili gerakan perubahan. Menurutnya, Mahfud merupakan perwakilan gerakan perubahan di dalam pemerintahan.

"Kalau dari luar pemerintahan salah satu tokohnya adalah Anies Baswedan dan dari dalam pemerintahan ini yang memimpin adalah Mahfud Md, karena memang sebelum menjabat sebagai Menkpolhukam dia memiliki citra sosok akademisi tokoh yang kedepankan arus utama kebaikan," jelasnya.

"Jadi kalau dia sekarang didorong atau diunggulkan sebagai salah satu cawapres bukan hal aneh dan mengejutkan," lanjut dia.

Untuk diketahui, gabungan relawan Jokowi melanjutkan gelaran Musyawarah Rakyat Indonesia atau musra di Gorontalo. Dua menteri koordinator pemerintahan Jokowi menjadi calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) pilihan Musra Gorontalo.

Dalam keterangan tertulis dari Penanggung Jawab Musra, Budi Arie Setiadi, Selasa (6/12), acara Musra diselenggarakan di Gedung Bele Li Mbu'i, Gorontalo, pada 4 Desember 2022. Musra menggelar pemungutan suara secara daring atau e-voting.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjadi capres yang paling banyak dipilih relawan. Untuk cawapres pilihan Musra Gorontalo, Menko Polhukam Mahfud Md menjadi yang paling banyak dipilih dengan 177 suara. Posisi tiga besar dilengkapi Sandiaga Uno dan Kepala KSP Moeldoko.

Calon wakil presiden
1. Mahfud Md: 177
2. Sandiaga Uno: 160
3. Moeldoko: 145
4. Arsjad Rasjid: 88
5. Erick Thohir: 77
6. Andika Perkasa: 69
7. Rahmat Gobel: 35
8. Ridwan Kamil: 29
9. Agus Harimurti Yudhoyono: 22
10. Gibran Rakabuming: 19
11. Lainnya: 36
Total: 857

(maa/rfs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT