Jadi Cawapres Teratas Musra Gorontalo Relawan Jokowi, Ini Kata Mahfud

ADVERTISEMENT

Jadi Cawapres Teratas Musra Gorontalo Relawan Jokowi, Ini Kata Mahfud

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 07 Des 2022 10:53 WIB
Mahfud Md
Mahfud Md (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md menjadi cawapres teratas hasil musra relawan Jokowi di Gorontalo. Mahfud merespons hal itu dengan mengaitkan dengan demokrasi di Indonesia.

"Terlepas dari siapa pun nama tokoh yang muncul, menurut saya adanya musra dan berbagai kegiatan survai serta pemunculan berbagai nama untuk capres atau cawapres merupakan salah satu contoh kemajuan demokrasi di Indonesia," kata Mahfud kepada wartawan, Rabu (7/12/2022).

Mahfud menyebut pada era Orde Baru tidak ada musra dan survei yang memunculkan nama capres dan cawapres. Mahfud menyebut musra relawan catatan positif bagi demokrasi di Indonesia.

"Di zaman Orde Baru, anda tidak bisa membayangkan bisa ada yang melalukan musra dan survei yang berani memunculkan nama capres/cawapres secara bebas. Jika era reformasi ini demokrasi mempunyai catatan positif dan negatifnya maka adanya musra dan berbagai survei yang bebas dan terbuka merupakan catatan positif dan kemajuan demokrasi," tutur dia.

Gabungan relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan gelaran Musyawarah Rakyat Indonesia atau musra di Gorontalo. Dua menteri koordinator pemerintahan Jokowi menjadi calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) pilihan Musra Gorontalo.

Dalam keterangan tertulis dari Penanggung Jawab Musra, Budi Arie Setiadi, Selasa (6/12), acara Musra diselenggarakan di Gedung Bele Li Mbu'i, Gorontalo, pada 4 Desember 2022. Musra menggelar pemungutan suara secara daring atau e-voting.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjadi capres yang paling banyak dipilih relawan. Untuk cawapres pilihan Musra Gorontalo, Menko Polhukam Mahfud Md menjadi yang paling banyak dipilih dengan 177 suara. Posisi tiga besar dilengkapi Sandiaga Uno dan Kepala KSP Moeldoko.

Calon wakil presiden
1. Mahfud Md: 177
2. Sandiaga Uno: 160
3. Moeldoko: 145
4. Arsjad Rasjid: 88
5. Erick Thohir: 77
6. Andika Perkasa: 69
7. Rahmat Gobel: 35
8. Ridwan Kamil: 29
9. Agus Harimurti Yudhoyono: 22
10. Gibran Rakabuming: 19
11. Lainnya: 36
Total: 857

Simak juga 'Jokowi ke Capres-Cawapres: Jangan Bawa Politik Identitas, Bahaya!':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT