RK Capres Paling Diterima Versi SRS, Golkar Tetap Airlangga Hartarto

ADVERTISEMENT

RK Capres Paling Diterima Versi SRS, Golkar Tetap Airlangga Hartarto

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 07 Des 2022 06:52 WIB
Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Golkar, PAN, PPP menggelar acara Pemantapan Visi dan Misi KIB. Acara digelar bersamaan dengan acara HUT ke-58 Golkar.
Airlangga (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) menjadi calon presiden yang paling diterima publik versi survei Surabaya Research Syndicate (SRS). Golkar menilai Ridwan Kamil tidak dalam konsep partainya untuk menjadi capres ataupun cawapres di 2024.

"Soal Pak RK, konsep kami tidak pada capres atau cawapres," kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Selasa (6/12/2022).

Ace mengatakan Partai Golkar akan mencalonkan Airlangga sebagai capres. Dia menyebut Golkar konsisten dengan keputusan itu.

"Golkar tetap konsisten dengan pencalonan Pak Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPP Golkar Dave Laksono juga menegaskan bahwa Golkar telah memutuskan Airlangga sebagai capres yang akan diusulkan pada Pilpres 2024.

"Golkar telah memutuskan calon kami adalah Airlangga Hartarto," kata Dave saat dihubungi terpisah.

Saat ditanya mengenai pembicaraan pencapresan di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari Golkar, PAN dan PPP, Dave meminta untuk bersabar.

"Kan pendaftaran baru bulan September, jadi sabar ya. Toh pemilunya juga baru Februari 2024," jelasnya.

Survei SRS: RK Capres Paling Diterima

Surabaya Research Syndicate merilis hasil survei peta kekuatan jelang Pilpres 2024. Sosok Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau RK menjadi calon presiden (capres) yang paling diterima publik.

Survei SRS, anggota Asosiasi Lembaga Survei seindonesia (ASOPI), digelar pada 4 sampai 14 November 2022 di 34 provinsi Indonesia dengan melibatkan 1.200 responden berusia 17 tahun dan memiliki KTP yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel acak bertingkat. Margin of error survei dinyatakan +/- 2,8 persen pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Responden diwawancarai secara tatap muka dengan bantuan kuesioner.

Dalam rilis survei yang diterima pada Selasa (6/12/2022), nama Ridwan Kamil menjadi sosok yang paling diterima publik atau tingkat akseptabilitas tertinggi di antara nama lainnya seperti Menparekraf Sandiaga Uno dan Menhan Prabowo Subianto. Tingkat akseptabilitas Ridwan Kamil mencapai 78,9%. Dari sisi popularitas, Ridwan Kamil memang masih tertinggal dari Prabowo, Sandiaga, dan Anies Baswedan.

"Meskipun tingkat popularitas Ridwan Kamil masih tertinggal dari Prabowo Subianto, Sandiaga Uno dan Anies Baswedan, namun Gubernur Jawa Barat itu muncul sebagai capres yang paling diterima publik. Sebanyak 78,9% responden mengaku suka terhadap Ridwan Kamil," demikian keterangan SRS.

Simak juga 'Kriteria Capres KIB Diungkap PAN: Airlangga Prioritas':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT