Survei SRS: Ridwan Kamil Capres Paling Diterima Publik

ADVERTISEMENT

Survei SRS: Ridwan Kamil Capres Paling Diterima Publik

Gibran Maulana - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 13:02 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi salah satu pembicara di acara #DemiIndonesia di Jakarta, Sabtu (29/10/2022). RK minta kebiasaan buruk harus dikurangi.
Foto: Ridwan Kamil (Rifkianto Nugroho/detikcom).
Jakarta -

Surabaya Research Syndicate merilis hasil survei peta kekuatan jelang Pilpres 2024. Sosok Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau RK menjadi calon presiden (capres) yang paling diterima publik.

Survei SRS, anggota Asosiasi Lembaga Survei seindonesia (ASOPI), digelar pada 4 sampai 14 November 2022 di 34 provinsi Indonesia dengan melibatkan 1.200 responden berusia 17 tahun dan memiliki KTP yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel acak bertingkat. Margin of error survei dinyatakan +/- 2,8 persen pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Responden diwawancarai secara tatap muka dengan bantuan kuesioner.

Dalam rilis survei yang diterima pada Selasa (6/12/2022), nama Ridwan Kamil menjadi sosok yang paling diterima publik atau tingkat akseptabilitas tertinggi di antara nama lainnya seperti Menparekraf Sandiaga Uno dan Menhan Prabowo Subianto. Tingkat akseptabilitas Ridwan Kamil mencapai 78,9%. Dari sisi popularitas, Ridwan Kamil memang masih tertinggal dari Prabowo, Sandiaga, dan Anies Baswedan.

"Meskipun tingkat popularitas Ridwan Kamil masih tertinggal dari Prabowo Subianto, Sandiaga Uno dan Anies Baswedan, namun Gubernur Jawa Barat itu muncul sebagai capres yang paling diterima publik. Sebanyak 78,9% responden mengaku suka terhadap Ridwan Kamil," demikian keterangan SRS.

Dari sisi elektabilitas sebagai capres, Ridwan Kamil menempati posisi keempat, tertinggal dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (24,7%), Prabowo (23.9%), dan Anies Baswedan (23,2%). Elektabilitas Ridwan Kamil di bursa capres mencapai 7,5%.

Meski demikian, Ridwan Kamil melejit di bursa cawapres. Dalam survei ini, elektabilitas Ridwan Kamil sebagai cawapres, dalam simulasi pertanyaan tertutup, menembus 23,8%. Ridwan Kamil menempati urutan pertama survei, unggul dari Sandiaga Uno (18,7%) dan Agus Harimurti Yudhoyono (12,4%) di posisi 3 besar.

(gbr/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT