RK Capres Paling Diterima di Survei SRS, PAN: Layak Didorong di 2024

ADVERTISEMENT

RK Capres Paling Diterima di Survei SRS, PAN: Layak Didorong di 2024

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 07 Des 2022 06:00 WIB
Sekjen PAN Eddy Soeparno
Eddy Soeparno (Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta -

Hasil survei Surabaya Research Syndicate (SRS) menunjukkan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) menjadi calon presiden yang paling diterima oleh publik. Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan RK menjadi salah satu nama yang diusulkan daerah sebagai capres.

"Dari awal kami sudah menyampaikan bahwa Pak Ridwan Kamil termasuk di antara 9 nama yang diusulkan oleh pengurus daerah, wilayah Partai Amanat Nasional sebagai salah satu capres atau cawapres tahun 2024 ke depannya," kata Eddy kepada wartawan, Selasa (6/12/2022).

Eddy lantas berbicara mengenai rekam jejak Ridwan Kamil selama menjabat jadi Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat. Dia menyebut Ridwan Kamil mampu membawa Jabar melewati krisis di tengah pandemi COVID-19.

"Nah tentu hal ini merupakan keputusan yang dilihat dari rekam jejak dan kinerja beliau sejak menjabat sebagai Wali Kota Bandung, apalagi menjawab sebagai Gubernur Jawa Barat di tengah-tengah krisis kesehatan COVID-19 yang melanda Jawa Barat dan seluruh Indonesia, jadi di situ diuji kepemimpinan beliau dan kita bisa melihat bahwa Pak Ridwan Kamil merupakan salah satu kepala daerah yang berhasil menanggulangi krisis kesehatan yang besar, krisis ekonomi yang besar di Jawa Barat," tutur Eddy.

"Oleh karena itu tentu layak bagi PAN untuk mendorong Pak Ridwan Kamil sebagai salah satu bakal calon presiden maupun wakil presiden ke depannya," imbuhnya.

Mengenai pencapresan di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), kata Eddy, masih terbuka mengenai calon yang akan diusung di 2024. Dia menyebut KIB mengutamakan potensi di internal PAN, Golkar dan PPP.

"Nah KIB tentu masih bersifat terbuka untuk membahas seluruh potensi-potensi calon pemimpin ke depannya, dengan tentu mendahulukan potensi di internal KIB. Nah setelah itu tentu kita akan merangkul potensi-potensi yang lain untuk kita kemudian lihat kombinasi mana yang paling cocok dan pantas untuk memimpin Indonesia ke depannya," ujar Eddy.

Eddy belum merinci mengenai pembahasan pencapresan di internal KIB. Dia menyebut para pimpinan partai di KIB akan mengerucutkan nama calon jika waktunya sudah tiba.

"Nah pembahasan ini akan ada di level ketua-ketua umum KIB ketika saatnya tiba untuk mengerucutkan nama-nama capres, cawapres yang akan kelak diusung oleh KIB," katanya.

Simak hasil survei SRS pada halaman berikut.

Saksikan Video 'Bima Arya Sebut Ganjar-RK Klop Banget, Posisi Selalu Teratas di Survei':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT