Bima Arya: Ganjar-RK Klop Banget, Selalu Teratas di Survei

ADVERTISEMENT

Bima Arya: Ganjar-RK Klop Banget, Selalu Teratas di Survei

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 05 Des 2022 21:53 WIB
Jakarta -

Ketua DPP PAN Bima Arya berbicara mengenai potensi pasangan calon Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil (Ganjar-RK) pada Pilpres 2024. Bima menilai pasangan ini benar-benar serasi.

"Satu, prinsip komplementari tadi, itu klopnya benar-benar klop banget, menurut saya ya. Demografis, ideologis, kemudian latarbelakang kepemimpinan dan sebagainya," kata Bima saat berbicara mengenai pasangan Ganjar-RK, Senin (5/12/2022).

Bima menyampaikan hal ini dalam acara 'Adu Perspektif: Mereka yang Bisa Jadi Kejutan di Tahun Politik' kolaborasi detikcom dan Total Politik. Bima juga menyebut tren Ganjar-RK dalam survei ada pada posisi teratas.

"Coba kita lihat tes uji survei, Ganjar-RK ini pasti posisinya selalu paling atas. Dan dalam survei selalu kita lihat tren. Siapa yang trennya menanjak," katanya.

Bima lantas berbicara mengenai pengalaman PAN dalam membaca survei saat pemilihan umum. Dia menekankan tren Ridwan Kamil atau Kang Emil dalam survei akhir-akhir ini selalu meningkat.

"Kita pengalaman, di Pilkada, di Pilgub di semuanya, kalau membaca itu membaca trennya, kalaupun tinggi tapi awareness-nya sudah mentok misalnya, ya hopeless juga. Atau kalaupun tinggi perlahan-lahan turun, susah untuk rebound. Tapi yang trennya naik ya siapa, ya salah satunya ya Kang Emil,," katanya.

Lebih lanjut, Bima menilai pencapresan harus melihat kepada hasil survei. Dia menilai ada 6 nama sebagai calon itu.

"Tiga besar kan Mas Ganjar, Pak Prabowo atau Mas Anies. Tiga berikutnya inilah sebagai calon alternatif, ada Kang Emil, ada Sandiaga, dan ada AHY," tutur Bima.

"Jadi keluar dari 6 itu berisiko. Jadi kalau kita berbicara sosok alternatif, ya dari 6 itulah berdasarkan survei, yang saya bilang suara tuhan ya 6 itu. Kalau diambil dari luar 6 itu ya eksperimental sekali," imbuhnya.

(lir/aud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT