NasDem Heran Anies Diviralkan Naik Jet Pribadi ke Sumbar

ADVERTISEMENT

NasDem Heran Anies Diviralkan Naik Jet Pribadi ke Sumbar

Matius Alfons Hutajulu - detikNews
Senin, 05 Des 2022 12:36 WIB
Waketum NasDem, Ahmad Ali.
Waketum NasDem, Ahmad Ali. (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Partai NasDem menjelaskan terkait video viral di media sosial calon presidennya (capres) Anies Baswedan yang pakai pesawat jet pribadi saat kunjungan ke Sumatera Barat (Sumbar). NasDem mengatakan pesawat tersebut merupakan pesawat carteran atau sewaan.

Penjelasan NasDem soal Anies naik jet pribadi disampaikan oleh Waketum Partai NasDem Ahmad Ali. Dia menjadi salah satu anggota rombongan yang mendampingi Anies saat kunjungan di Aceh, Sumbar, hingga Riau.

"Memang kalau Pak Anies pakai jet pribadi nggak bisa ya? Nggak bisa ya? Terus kenapa diributin? Bukan publik yang nyorotin, buzzer-buzzer itu," kata Ahmad Ali kepada wartawan, Senin (5/12/2022).

Ali menjelaskan bahwa Anies terpaksa memakai pesawat jet pribadi sewaan lantaran persoalan efektifitas waktu. Dia menyebut sulit jika Anies harus memakai pesawat umum.

"Jadi gini saya ada di situ, kemarin kan perjalanan dari Aceh, Sumbar, Riau. Nah terus dari Aceh ke Sumbar itu ada pesawat nggak? Ada komersil nggak? Nggak ada kan, terus masa kita menunda waktu dari harus kembali ke Jakarta dulu baru ke Sumbar, manajemen waktunya nggak pas kan," jelas Ali.

Pada akhirnya, NasDem memutuskan untuk menyewakan Anies pesawat jet pribadi. Ali mengatakan hal itu atas kondisi mendesak.

"Nah karena pertimbangan efektifitas dan animo masyarakat yang begitu tinggi di tiap daerah, partai NasDem memandang ketemu masyarakat itu menjadi sesuatu yang keharusan dan mendesak dan harus dilakukan hari ini, sehingga kemudian partai fasilitasi beliau dengan menggunakan pesawat carteran. Sesederhana itu sebenarnya," ujarnya.

Lebih lanjut, anggota Komisi III DPR ini menilai pesawat jet pribadi yang dipakai Anies juga bukan termasuk barang mewah. Dia menyebut banyak pihak yang memanfaatkan hal itu.

"Pesawat carteran itu bukan jadi barang mewah eksklusif, semua orang bisa jangkau harusnya kan, di Jakarta hari ini orang sewa helikopter itu sewa jam-jaman, terus kalau NasDem fasilitasi Anies mungkin nggak terlalu berlebihan ya," tutur dia.

"Menurut saya ini juga terlalu berlebihan ya kemudian ini menjadi sorotan ya, ini kan menjadi sorotan yang harusnya dalam momen-momen ini perlu kita lakukan edukasi kepada rakyat, saya kira Anies Baswedan ini gubernur yang pernah mengelola APBD DKI yang begitu besar tapi terbukti dengan integritas dirinya Insyaallah dia tidak lagi dilihat, dia memiliki akses kepantasan untuk itu," lanjut dia.

Simak juga 'Penampakan Kantor NasDem Aceh Diteror Telur Busuk Jelang Kunjungan Anies':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/rfs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT