Zulhas: Hampir Semua Kader PAN Usul Ganjar Pranowo Jadi Capres

ADVERTISEMENT

Zulhas: Hampir Semua Kader PAN Usul Ganjar Pranowo Jadi Capres

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 14:56 WIB
PAN mengucapkan selamat kepada partai NasDem yang mengusung Anies Baswedan menjadi Capres 2024. Namun Ketum PAN Zulkifli Hasan mengatakan saat ini sedang berduka atas tragedi Kanjuruhan.
Zulkifli Hasan (Foto: Youtube PAN TV)
Jakarta -

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut hampir semua suara kadernya mengusulkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jadi calon presiden 2024. Hal itu diungkap Zulhas saat konsolidasi kader PAN se-Jawa Tengah, di Semarang.

"Memang hampir semua wilayah begitu suaranya (mengusulkan agar PAN mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden)," kata Zulhas dilansir Antara, Jumat (2/12/2022).

Zulhas mengatakan kader di Jawa Tengah pun mengusulkan Ganjar sebagai capres. Bahkan sudah menjadi keputusan dan telah menyampaikan ke DPP.

"Jawa Tengah sudah memutuskan satu nama, Pak Ganjar Pranowo untuk diusung menjadi calon presiden dan wakil presiden yang disampaikan kepada DPP tadi," ujarnya.

Zulhas akan membawa usulan itu untuk didiskusikan bersama KIB. Menurutnya, PAN harus berkoalisi dengan partai politik lainnya untuk mengusung capres/cawapres.

"Nanti ada Golkar mengusulkan, PAN mengusulkan, dan PPP mengusulkan, kita berembuk. Soalnya saya yang umumkan nggak cukup dan nggak bisa, makanya nanti berunding dengan KIB, nanti KIB nambah lagi. Prosesnya gitu karena ada syarat 20 persen," kata Zulhas.

Zulhas lalu juga disinggung soal kehadiran Erick Thohir disinyalir menjadi pilihan cawapres dari PAN. Zulhas mengaku sudah nyantol dengan Menteri BUMN.

"Udah hari-hari sama saya gimana. Paling kuat nggak, paling nyantol istilahnya," ujarnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengatakan dirinya menghormati dukungan yang muncul dari PAN Jateng.

"Itu kan keputusan dari institusi ya terima kasih, pasti antarpartai akan berbicara. Ya masing-masing ada aturannya tentu kita hormati," katanya.

(eva/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT