Siapa Partai Biru yang Bakal ke KIB? Perindo-PD Dinilai Paling Potensial

ADVERTISEMENT

Siapa Partai Biru yang Bakal ke KIB? Perindo-PD Dinilai Paling Potensial

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 08:25 WIB
KIB
KIB (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan kisi-kisi parpol yang akan bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan warna biru. Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai warna biru di luar KIB identik dengan tiga parpol.

"Rumit membaca metafor para politisi. Penuh simbol, kiasan, dan sukar ditebak hitam putih. Warna biru yang dimaksud KIB itu identik dengan 3 partai. NasDem, Demokrat, dan Perindo," ujar Adi saat dihubungi, Kamis (1/12/2022).

Adi menilai diantara ketiganya, Perindo jadi partai yang paling mungkin bergabung. Sebab menurutnya Perindo memiliki perasaan yang sama dengan KIB.

"Di antara tiga partai ini paling mungkin yang gabung KIB adalah Perindo. Partai non-parlemen yang punya perasaan sama dengan KIB yang pro-pemerintah," kata Adi.

Sedangkan NasDem dan Demokrat disebut sulit diprediksi untuk gabung KIB. Terlebih kata Adi, NasDem percaya diri mengusung Anies Baswesan.

"Sementara NasDem dan Demokrat sulit diprediksi ke KIB. Karena untuk urusan 2024 kedua partai ini beda mazhab karena usung Anies maju capres. Apalagi NasDem sangat konfiden bisa jadi cawapres Anies," ujarnya.

Namun jika antara NasDem dan Demokrat, Adi menilai sangat mungkin Demokrat bergabung ke KIB. Meski begitu Adi menilai terdapat syarat yang perlu dipenuhi dalam KIB.

"Pertama, AHY tak bisa jadi cawapres Anies dengan alasan apapun. Kedua, KIB harus pastikan satu slot untuk AHY, baik capres atau cawapres. Kalau tawaran ke Demokrat masih di bawah NasDem mustahil bagi Demokrat," tuturnya.

"Jadi, jika dirunut, warna biru paling mungkin bisa gabung KIB adalah Perindo, lalu Demokrat, dan terakhir NasDem. Dengan catatan NasDem tak bisa carikan tiket untuk Anies maju. Tapi kalau NasDem dapat tiket Anies, mustahil NasDem ke KIB," sambungnya.

Airlangga Bocorkan Warna Calon Parpol Baru

Sebelumnya Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menyampaikan kisi-kisi soal parpol yang akan bergabung ke KIB. Airlangga membocorkan warna identik dari parpol tersebut.

Airlangga menyebut warna parpol pertama identik dengan pakaian yang dipakai oleh Zulhas. Zulhas saat itu bersetelan biru.

"Tentu, warnanya ada yang dipakai oleh kawan kita di sini," kata Airlangga seraya menoleh ke arah Zulhas yang berdiri di sebelahnya.

Tak hanya itu, Airlangga membocorkan parpol kedua identik dengan warna pakaian yang sering dipakai oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Warna itu, kata dia, juga ada pada bola yang sedang ditenteng Zulhas.

"Dan juga ada juga yang warnanya ada nuansa pakaian yang sering dipakai Bapak Presiden. Yang bagian dari bola itu juga," ujar Airlangga menunjuk ke bola yang dipegang Zulhas.

Simak video 'Airlangga Disebut Capres Prioritas KIB, Zulhas-Mardiono Kandidat Cawapres':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT