Legislator PPP Yakin Jokowi Tetap Netral Meski Lempar Kode-kode soal Capres

ADVERTISEMENT

Legislator PPP Yakin Jokowi Tetap Netral Meski Lempar Kode-kode soal Capres

Dwi Rahmawati - detikNews
Kamis, 01 Des 2022 15:50 WIB
Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Karin Nur Secha/detikcom).
Foto: Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Karin Nur Secha/detikcom).
Jakarta -

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Awiek) yakin Presiden Jokowi tetap netral meski melempar kode pemimpin berambut putih yang seolah dianggap sebagai dukungan capres. Dia percaya Jokowi tidak akan cawe-cawe terkait pilpres.

"Urusan pilpres kami yakin Pak Jokowi tidak akan cawe-cawe, beliau akan tetap memegang teguh fatsun politik ke dalam posisi yang netral," kata Awiek saat dihubungi, Kamis (1/12/2022).

Awiek mengatakan apa yang disampaikan Jokowi tidak mengarah kepada seseorang. Menurutnya, pemimpin berambut putih hanya perumpamaan saja. Meski begitu dia menyebut pernyataan Jokowi tetap menjadi bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

"Tentu endorse Pak Jokowi tetap menjadi salah satu yang akan didiskusikan, namun demikian kita melihat statement-statement dari Pak Jokowi, itu tidak mengarah kepada person. Buktinya ketika menyebut bahwa pemimpin harus yang rambutnya memutih, kalau saya memikirkan namanya pemimpin banyak mikir, ya pasti akan memutih," kata Awiek.

Namun, dia bicara perlunya partai politik untuk juga melihat hasil survei. "Kita harus mengukur dari ukuran hasil lembaga survei kira-kira seberapa pengaruh (endorse Jokowi). Dan kalau kita lihat dari survei sebenarnya, dalam posisi itu karena yang mencalonkan bukan Pak Jokowi jadi tidak terlalu memperhatikan," kata dia.

Jokowi Sebut Prabowo Hingga Ganjar

Sebelumnya, Jokowi kembali bicara pemimpin rambut putih yang sempat diutarakannya usai menghadiri acara Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkule Rajakng atau Temu Akbar Pasukan Merah di Rumah Radakng Pontianak, Kalimantan Barat. Kini, Jokowi mempersilakan siapa pun untuk menafsirkan pernyataannya tentang pemimpin berambut putih.

Jokowi mengatakan setiap orang yang bekerja keras, kondisi fisiknya bakal terpengaruh.

"Ya ditafsirkan apa pun silakan; tetapi memang dalam orang bekerja, kalau sungguh-sungguh dan kerja keras, pasti akan memengaruhi fisiknya," kata Jokowi seperti dikutip dari Antara, Selasa (29/11/2022).

Jokowi mengatakan warna rambut pun akan terpengaruh jika seseorang selalu berpikir keras. Dia lantas menyebut tiga nama yang memiliki rambut putih.

"Termasuk juga rambut, karena mikirnya sangat keras untuk rakyat, maka bisa saja rambutnya jadi putih; dan banyak yang rambutnya putih, seperti Hatta Rajasa, Ganjar Pranowo, termasuk Pak Prabowo Subianto, rambutnya juga agak putih, dan lainnya," kata Jokowi menjawab pertanyaan wartawan di Pontianak.

(eva/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT