NasDem Sayangkan Izin Penggunaan Taman di Aceh untuk Acara Anies Dicabut

ADVERTISEMENT

NasDem Sayangkan Izin Penggunaan Taman di Aceh untuk Acara Anies Dicabut

Dwi Rahmawati - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 21:06 WIB
Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Ali
Foto: Ahmad M. Ali (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai NasDem Ahmad Ali menyayangkan pencabutan izin penggunaan Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh untuk kegiatan Anies Baswedan. Ia penasaran karena menurutnya polisi sudah mengizinkan.

"Kita sayangkan lah pencabutan atau pelarangan, penggunaan taman itu oleh Anies, karena sebelumnya perizinan sudah diberikan oleh kepolisian. Polisi sudah, dari dinas sudah beri izin karena diikuti oleh prosedur yang berlaku, semua sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata Ali saat dihubungi, Rabu (30/11/2022).

Ia menyebut pembatalan itu dilakukan secara sepihak. Menurutnya Ali taman di sana sempat digunakan oleh partai politik lain.

"Terus tiba-tiba dibatalkan dengan alasan bahwa surat tersebut tidak sesuai dengan permohonan. Saya nggak tahu, alasan pencabutannya tapi agak aneh saja, surat persetujuan penggunaan sudah diterbitkan, belum dilaksanakan, sudah dibatalkan," tutur Ali.

"Sangat sepihak, maka jangan salahkan kemudian publik menilai bahwa ini ada hubungannya dengan politik. Karena sebelumnya taman itu, sering digunakan oleh partai-partai politik. Artinya, taman itu bukan wilayah yang apolitik, tapi daerah yang sering digunakan untuk partai-partai politik lain," sambungnya.

Ali lantas mempertanyakan mengapa saat NasDem yang menggunakan justru dilarang. Ia mengaku belum mendapat penjelasan secara utuh.

"Kenapa ketika NasDem yang menggunakan tidak boleh? soalnya sudah ada izin, kemudian dibatalkan. Mendekati hari H waduh, jangan-jangan karena Anies ini," kata dia.

Disbudpar cabut izin penggunaan taman

Sebelumnya, Disbudpar Aceh mencabut izin penggunaan Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh untuk kegiatan Anies. Kegiatan jalan sehat dan Panggung Silaturahmi Anies itu rencananya digelar Sabtu mendatang.

Dilihat detikSumut, Rabu (30/11/2022) surat pencabutan izin itu diteken Kepala UPTD Taman Seni dan Budaya Disbudpar Aceh, Azhadi Akbar. Surat bernomor 900/096/2022 tersebut diteken pada Selasa (28/11) kemarin.

Ada tiga poin yang tertuang dalam surat itu. Salah satunya berisi tentang pencabutan izin penggunaan Taman Ratu Safiatuddin.

"Izin penggunaan Area Taman ratu Safiatuddin dicabut, karena kegiatan saudara tidak sesuai dengan ketentuan Surat Perizinan yang kami keluarkan pada point 2 ayat (a) dan (b)," bunyi surat itu.

Pada poin selanjutnya disebutkan kegiatan yang tidak sesuai dengan poin 2 Ayat (a) dan (b) harus dilakukan sesuai dengan prosedur penyewaan sesuai ketentuan yang berlaku.

Kadisbudpar Aceh Almuniza Kamal membenarkan surat itu. Namun dia belum menjelaskan secara rinci penyebab pencabutan izin penggunaan Taman Ratu Safiatuddin tersebut.

"Terkait surat itu benar adanya dan itu Kepala UPTD yang teken dan prinsipnya pasti juga dia menjalankan sesuai aturan," jelasnya.

Untuk diketahui, bakal calon presiden yang diusung Partai NasDem, Anies Baswedan akan melakukan safari politik ke Aceh pada awal Desember. Salah satu agendanya adalah menyapa warga Tanah Rencong lewat panggung silaturahmi.

Kegiatan 'Panggung Silaturahmi Anies' rencananya digelar di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Sabtu 3 Desember mendatang. Acara tersebut akan diawali jalan sehat bareng Anies dengan menyusuri sejumlah lokasi yang telah ditentukan.

"Setelah itu pak Anies akan berpidato di 'Panggung Silaturahmi Anies'," kata Ketua NasDem Aceh Teuku Taufiqulhadi.

(isa/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT