Jokowi dan Prabowo Semobil, Gerindra Enggan Spekulasi Endorse Pilpres

ADVERTISEMENT

Jokowi dan Prabowo Semobil, Gerindra Enggan Spekulasi Endorse Pilpres

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 15:04 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto disebut satu mobil saat menghadiri acara peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya, Jawa Timur. Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menilai momen tersebut terjadi karena urusan pekerjaan.

"Kalau pertanyaannya bahwa kenapa satu pesawat, satu mobil, ya, mungkin Pak Jokowi pada momen itu ada yang didiskusikan dengan Pak Prabowo soal pekerjaan. Kan kita tahu bahwa PR-nya juga sekarang sedang banyak-banyaknya dan mungkin perlu koordinasi," kata Dasco di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Dasco pun enggan momen 'mesra' sang ketum dengan Jokowi terus-terusan dikaitkan dengan sinyal dukungan atau endorse capres. Menurutnya, Jokowi dan Prabowo, pada momen tersebut, lebih banyak berkoordinasi mengenai masalah pekerjaan di kabinet.

"Oleh karena itu saya pikir ya jangan segala sesuatu semua disangkutpautkan dengan endorse, dengan pilpres. Kita berpikir positif bahwa apa yang dilakukan pada momen-momen itu tentunya lebih banyak koordinasi masalah pekerjaan sehari-hari antara presiden dengan menteri sebagai pembantu presiden," katanya.

Momen Mesra Jokowi dan Prabowo

Adapun acara peresmian AMN itu dilakukan pada Selasa (29/11). Prabowo turut hadir mendampingi Jokowi. Momen Jokowi semobil dengan Prabowo itu diabadikan oleh fotografer Prabowo, Bachren Lukskardinul.

Ada tiga foto yang diunggah Bachren Lukskardinul. Pertama foto Jokowi dan Prabowo keluar dari mobil yang sama saat tiba di lokasi cara. Foto kedua, Jokowi yang menyapa mahasiswa di lokasi. Selain Prabowo dalam foto itu terlihat juga Kepala BIN Budi Gunawan. Foto ketiga momen Prabowo diajak foto oleh salah satu mahasiswa.

"Ada 3 kode keras yang ditujukan untuk Prabowo yang terjadi saat peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) kemarin, Selasa, 29/11/22, di Surabaya. Asrama yang diresmikan oleh Presiden tersebut juga dihadiri oleh beberapa menteri terkait serta Kepala BIN (Badan Intelijen Negara) sebagai penyelenggara," tulis Bachren dalam caption unggahannya.

Bachren menjelaskan Jokowi dan Prabowo semobil sejak dari Bandara Juanda menuju lokasi peresmian AMN. Dia menyebut semobilnya mereka itu tidak direncanakan sebelumnya.

"Pertama, saat Presiden Jokowi datang satu mobil dengan Prabowo. Sejak perjalanan dari bandara Juanda, menuju lokasi acara AMN," kata Bachren.

"Sedianya Prabowo hanya menyambut kedatangan presiden yang tiba usai kunjungannya dari Kalimantan. Di luar dugaan, Prabowo malah diajak satu mobil dengan presiden, di mana semestinya Prabowo yang sebagai menteri menaiki kendaraannya sendiri untuk iring-iringan dengan presiden menuju lokasi acara," lanjutnya.

Bachren juga menyoroti setelan Prabowo yang mengenakan kemeja merah dan celana hitam. Dia mengaku sangat jarang melihat setelan Prabowo seperti itu.

(fca/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT