PKB Sangkal Andi Arief soal Bebek Lumpuh: Jokowi Masih Full Presiden

ADVERTISEMENT

PKB Sangkal Andi Arief soal Bebek Lumpuh: Jokowi Masih Full Presiden

Matius Alfons Hutajulu - detikNews
Selasa, 29 Nov 2022 22:01 WIB
Wakil Ketua Komisi IV DPR, Daniel Johan
Ketua DPP PKB Daniel Johan (Kemnaker)
Jakarta -

Ketua DPP PKB Daniel Johan membantah Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) masuk fase bebek lumpuh atau lame duck karena pengerahan relawan di beberapa acara. Daniel Johan menyebut Jokowi masih kendalikan penuh pemerintahan.

"Tidak lah, Pak Jokowi masih full dalam kendali sebagai presiden," kata Daniel Johan saat dihubungi, Selasa (29/11/2022).

Anggota Komisi IV DPR ini mengatakan bebek lumpuh atau lame duck hanya berlaku bagi presiden yang sudah dalam posisi demisioner. Selain itu, kata dia, harus ada presiden terpilih yang belum dilantik untuk memenuhi fase lame duck seorang presiden.

"Lame duck itu kan bila presiden dalam posisi 'demisioner' karena sudah ada presiden terpilih yang baru tapi belum dilantik, sementara Pak Jokowi masih secara penuh mengendalikan pemerintahan," ucapnya.

Namun demikian, Danjo memandang pilihan Jokowi menghadiri acara relawan juga kurang tepat. Dia tidak melihat ada urgensinya Jokowi mendatangi para relawan di tengah kondisi saat ini.

"Tidak ada urgensi dan relevansinya dengan kondisi dan momentum saat ini, saya khawatir malah menimbulkan antipati karena berlangsung di tengah banyaknya tantangan yang dihadapi masyarakat terutama bencana Cianjur," ujar dia.

Pernyataan Andi Arief

Sebelumnya, Andi Arief menyoroti acara relawan Nusantara Bersatu di GBK, Sabtu (16/11) yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Andi Arief menyebut pengerahan massa seperti itu pertanda posisi Jokowi kini melemah di mata partai-partai politik.

"Ya kemarin pengerahan massa oleh Pak Jokowi itu menunjukkan Jokowi sebetulnya sedang dalam posisi melemah di mata para parpol," kata Andi Arief saat dihubungi, Minggu (27/11).

Andi Arief menyebut Jokowi tengah berupaya menguatkan posisinya kembali dengan menggelar acara-acara relawan. Dia juga menyebut pasti ada pelibatan logistik dan sumber daya di balik pengerahan massa tersebut.

Namun demikian, Andi Arief menganggap cara-cara tersebut biasa dalam berpolitik. Dia memandang Jokowi tengah memasuki fase bebek lumpuh. Sebagai informasi, dalam istilah politik, lame duck atau bebek lumpuh biasanya fase yang terjadi pada pemimpin di pengujung masa kepemimpinannya.

"Tapi secara umum itu Jokowi bisa dibaca sedang memasuki fase lame duck (bebek lumpuh), dalam politik biasa itu, mencoba untuk menguatkan diri dengan cara-cara itu," ujarnya.

(maa/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT