Ketum Arus Bawah Jokowi: Capres Rambut Putih Kebetulan Identik Ganjar

ADVERTISEMENT

Ketum Arus Bawah Jokowi: Capres Rambut Putih Kebetulan Identik Ganjar

Brigitta Belia Permata Sari - detikNews
Sabtu, 26 Nov 2022 16:12 WIB
Presiden Jokowi dan Ketua Umum Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas.
Presiden Jokowi dan Ketua Umum Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas .(Dok. Michael Umbas)
Jakarta -

Ketua Umum Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara tersirat sudah memberi petunjuk calon presiden (capres) 2024. Sebab berdasarkan kriteria penampilan yakni yang memiliki kerutan wajah dan rambut putih identik dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

"Dari analogi kriteria yang disampaikan Pak Presiden Jokowi, dapat diartikan bahwa dengan komposisi calon yang ada sekarang ya Pak Ganjar Pranowo. Kan beliau tidak mungkin sebut nama, tetapi kriteria. Yang rambut putih kebetulan identik dengan Ganjar. Kecuali ada lagi calon lain yang akan muncul dengan ciri rambut putih," kata Umbas dalam keterangannya, Sabtu (26/11/2022).

Umbas menilai Jokowi lebih cenderung membuat analogi dan perumpamaan. Sebab, menurut memang sejauh ini semua dinamika politik Capres masih sangat cair.

"Pak Jokowi dengan gaya Solo senang membahasakan dengan perumpamaan dan analogi-analogi tapi sesungguh memiliki substansi kuat, termasuk soal rambut putih dan wajah kerutan," ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa para pendukung Presiden Jokowi sejatinya akan tetap setia menunggu arahan, termasuk dalam menentukan sikap politik dalam estafet kepemimpinan di 2024.

"Pendukung Jokowi setia menunggu arahan atau petunjuk dari presiden untuk kepemimpinan nasional kedepan," tuturnya.

Jokowi sebelumnya menghadiri acara Gerakan Nusantara Bersatu yang dihadiri relawan Jokowi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Pada kesempatan tersebut, ia meminta masyarakat memilih calon pemimpin yang merakyat pada Pemilu 2024.

Ia pun membeberkan ciri pemimpin yang dekat dan memikirkan rakyatnya. Menurut Jokowi, pemimpin tersebut bisa dilihat dari kerutan di wajah hingga rambut yang memutih.

"Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua, ada, ada itu," kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/11).

Lebih lanjut, Jokowi juga berpesan agar masyarakat berhati-hati apabila sosok pemimpin lainnya berwajah bersih. Jokowi pun mengulangi pernyataannya soal pemimpin yang merakyat biasanya berambut putih.

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya. Kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati. Lihat juga, lihat rambutnya. Kalau rambutnya putih semua, ya ini mikirin rakyat ini," katanya.

Simak Video 'Kode Jokowi soal 'Rambut Putih', Pengamat: 1.000% Endorse Ganjar':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/rfs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT