'Rambut Putih' Jokowi Merujuk Ganjar, PAN: Ada Zulhas dan Hatta Rajasa Juga

ADVERTISEMENT

'Rambut Putih' Jokowi Merujuk Ganjar, PAN: Ada Zulhas dan Hatta Rajasa Juga

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 26 Nov 2022 15:10 WIB
Wakil Ketua Komisi IV DPR Viva Yoga Mauladi
Waketum PAN Viva Yoga Mauladi. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Ucapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pemimpin memikirkan rakyat sampai rambutnya putih terkait memilih di Pilpres 2024 menuai beragam komentar. Di dalam internal PAN juga ada tokoh yang rambutnya sampai putih.

"PAN menilai bahwa pernyataan Pak Presiden Jokowi tentang sosok pemimpin yang berkerut dan berambut putih adalah personifikasi bahwa betapa berat tugas dan tanggungjawab menjadi seorang pemimpin," kata Waketum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Sabtu (26/11/2022).

"Berpikir dan serius bekerja tanpa lelah tentu akan berpengaruh terhadap fisik. Muka cepat berkerut. Rambut cepat memutih. Fisiknga seakan lebih tua dari usianya, he-he-he," imbuhnya.

Lebih dari pada itu, menurut PAN memimpin Indonesia juga diperlukan sosok pemimpin yang memiliki sejumlah nilai. Sebab, wilayah dan keberagaman Indonesia.

"Memimpin negara dan bangsa Indonesia yang luas dan majemuk dengan segala problematikanya adalah tidak mudah. Dibutuhkan pemimpin yang serius, bertalenta, berintegritas, mencintai bangsa dan tanah air, dan menyintai rakyatnya," ujarnya.

Tak hanya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang dikaitkan dengan ucapan 'rambut putih' Jokowi. PAN pun memiliki tokoh rambut putih, Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) hingga mantan Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

"Kalau di PAN, ada beberapa tokoh yang berambut putih, ada Bang Zulkifli Hasan, Bang Hatta Rajasa dan Mas Hilal Hamdi, he-he-he," imbuhnya.

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno sebelumnya menilai pernyataan Jokowi soal pemimpin memikirkan rakyat rambutnya putih merupakan bentuk dukungan Jokowi kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Adi Prayitno menjelaskan analisis atas ucapan Jokowi tersebut.

"Fix 1.000 persen kode keras Jokowi endorse Ganjar. Tak ada yang bisa membantah. Ini kali kedua Jokowi secara eksplisit gelagat politiknya dukung Ganjar," kata Adi Prayitno kepada wartawan, Sabtu (26/11).

"Sebelum hari ini, Jokowi juga dukung Ganjar di acara Projo beberapa waktu lalu yang memantik hubungan panas dingin dengan sejumlah elite PDIP," imbuhnya.

Simak Video 'Jokowi Kerap Ubah Dukungan, Pengamat: Cara Jokowi Dukung Semua Capres':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT