Relawan Amanat Indonesia Dukung Anies Nyapres, PAN: Tak Mewakili Partai

ADVERTISEMENT

Relawan Amanat Indonesia Dukung Anies Nyapres, PAN: Tak Mewakili Partai

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 23 Nov 2022 22:46 WIB
Viva Yoga Mauladi
Foto: Viva Yoga (Ari Saputra/detik)
Jakarta -

Sejumlah pendiri PAN yang tergabung dalam relawan Amanat Indonesia atau 'ANIES' mendorong PAN untuk mencalonkan Anies Baswedan sebagai capres 2024. Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga menegaskan dorongan relawan Amanat Indonesia tidak mewakili PAN.

"Mereka adalah sikap-sikap pribadi. Tidak mewakili institusi PAN," kata Viva saat dihubungi, Rabu (23/11/2022).

Viva menyampaikan PAN memberikan amanat sepenuhnya kepada Ketum mereka, Zulkifli Hasan untuk mengambil langkah strategis menentukan capres PAN. Dia menyebut PAN mengusung capres dan cawapres yang dapat memajukan kepentingan bangsa dan negara.

"Soal Pilpres 2024, sesuai hasil rakernas 2020 bahwa diberikan amanat dan tugas kepada ketua umum Zulkifli Hasan untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam rangka menetapkan dan memutuskan paslon presiden/cawapres demi untuk kepentingan dan kemajuan PAN serta kepentingan bangsa dan negara," ujarnya.

Relawan Amanat Indonesia Dukung Anies Nyapres

Sebelumnya, relawan Amanat Indonesia atau 'ANIES' mendorong PAN untuk mencalonkan Anies Baswedan sebagai capres 2024 dari PAN. Mereka diketahui bagian dari pendiri PAN dan juga mantan anggota DPR Fraksi PAN.

"Amanat Indonesia mendorong agar Anies Baswedan dicalonkan oleh PAN," ujar Ketua Amanat Indonesia Syahrin Hamid di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (23/11/2022).

Syahrin mengatakan Amanat Indonesia sebagai jembatan aspirasi dari arus bawah PAN yang mendukung Anies Baswedan sebagai presiden. Kemudian, hal tersebut juga sejalan dengan hasil Rakernas PAN yang sebelumnya telah memutuskan 9 nama bakal calon presiden 2024 yang akan diusung.

"Amanat Indonesia ini adalah akumulasi aspirasi yang kita dorong bahwa ada sebuah entitas pan ini yang aspirasinya itu adalah mendorong Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden," jelasnya.

"Untuk itu PAN sebagai partai harus juga menjadikan ini sebagai pertimbangan, sebagai perhatian agar dalam menutus nanti dari 9 menjadi satu nah itu aspirasi Amanat Indonesia ini juga menjadi perhatian PAN dalam penetapan bakal calon presiden dari PAN," sambungnya.

Berikut deklarasi oleh Amanat Indonesia:

1. Dalam rangka menjembatani aspirasi konstituen PAN dalam pemilihan presiden, maka kami dari entitas PAN yang terdiri dari Para Pendiri/Deklarator PAN, Anggota DPR RI, Mantan Anggota DPR RI, Pimpinan/Pengurus, Kader & Simpatisan PAN, telah membentuk ANIES atau AMANAT INDONESIA Pada hari Kamis Tanggal, 17 November 2022 di Jakarta

2. Amanat Indonesia adalah organisasi kerelawanan atau komunitas gerakan yang memperjuangkan Anies sebagai Presiden RI 2024. Karena kami yakin dan percaya terhadap konsepsi kepemimpinan Anies sebagaimana yang telah ditunaikan dalam 1 periode pemerintahan sebagai Gubernur DKI Jakarta

3. Kami telah bertemu Anies Baswedan, dan telah menyampaikan pikiran-pikiran tentang Amanat Indonesia demi Indonesia yang lebih baik Pertama, Amanat nilai-nilal Pancasila yang harus dijalankan secara konsekwen. Kedua, Amanat cita-cita kemerdekaan RI sebagai misi yang terus hidup sebagai bangsa dan negara. Ketiga, Amanat agenda reformasi yang harus dituntaskan

4. Sebagai bagian dari gerakan karelawanan, maka dalam konteks pemenangan Anies sebagai Presiden RI. Maka, Amanat Indonesia akan bersinergi dgn elemen pemenangan Anies lainnya, dan secara khusus Amanat Indonesia akan berkontribusi pada bidang komunikasi stratejik sebagai corong pikiran atau Duta Anies di tengah-tengah masyarakat, serta pengembangan jaringan kerelawanan dan reknultmen keanggotaan di seluruh Indonesia, dan berpartisipasi aktif pada setiap proses dan tahapan pemilu yang berlangsung

5. Kami mengajak seluruh masyarakat luas, untuk sama-sama berjuang melalui gerakan kerelawanan Amanat Indonesia, dengan cara mengunjungi portal amantindonesia.com atau seluruh akun sosmed @amanatindonesia atau nomor WA: 081281187131.

Salam Amanat Indonesia!
Salam Anies Presiden RI 2024!

(dek/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT