ADVERTISEMENT

9 Tugas Baru Putra Megawati, PDIP: Mas Nanan Komandan Instruksi Ketum

Dwi Rahmawati - detikNews
Rabu, 23 Nov 2022 17:33 WIB
Muhammad Prananda Prabowo (lahir 23 April 1971; umur 44 tahun) atau yang biasa dipanggil Prana adalah Politikus Indonesia dari PDI-Perjuangan. Ia juga Cucu dari Presiden Pertama RI, Soekarno dan putra kedua Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarno Putri dari suami pertamanya, Letnan Satu Penerbang Surindro Supjarso.
Prananda Prabowo. (dikhy sasra/detikcom)
Jakarta -

Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul menjelaskan posisi strategis putra Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Muhammad Prananda Prabowo. Prananda atau yang akrab disapa Nanan, mengawal penuh instruksi Megawati selaku komandan.

"Itu sudah lama sesungguhnya, itu mungkin diingatkan kembali. SK-nya juga sudah lama, Mas Nanan itu memegang lembaga Ketua Umum, yang memandu Ketua Umum. Mas Nanan itu komandannya yang membantu pelaksanaan instruksi-instruksi Ketua Umum," kata Pacul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Bambang Pacul mengatakan jabatan strategis Prananda Prabowo diperbarui usai Kongres PDIP. Pacul lantas menyebut Prananda mengawal penuh instruksi dari Megawati.

"Itu dikawal penuh, sudah dari dulu. Jadi kan mungkin karena kan sudah kongres kan diperbaharui lagi. Sebelumnya kan sudah, kemudian kan ini habis kongres kan diperbarui lagi," kata Pacul.

Pacul mengungkap tugas baru Nanan yang langsung bersinggungan dengan Ketua Umum Megawati. Pihaknya mendukung penuh tugas tersebut.

"Bahwa Mas Nanan itu Kepala Situation Room itu adalah lembaga yang membantu Ketua Umum, itu namanya lembaga pembantu umum dalam anggaran dasar. Perintah-perintah Ketua Umum itu diawasi, dipandu, dan seterusnya," kata Pacul.

"Jadi tugas Mas Nanan kita support penuh. Itu kewenangan ketum," pungkasnya.

Tugas Baru Putra Megawati

Penugasan baru Prananda, yang akrab disapa Nanan itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Nomor 2/76/KPTS/DPP/XI/2022 tertanggal 7 November 2022. SK tersebut ditandatangani oleh Megawati Soekarnoputri dan Hasto Kristiyanto selaku Ketum dan Sekjen PDIP.

Dalam surat itu, tertulis 9 poin tugas Nanan dari Megawati. Salah satunya sangat strategis, yaitu bertugas menjaring caleg-caleg PDIP. Berikut 9 poin tugas yang diberikan Megawati ke Nanan:

1. Melaksanakan rapat pleno rutin pengurus DPD, DPC, PAC, dan ranting yang dilakukan secara berjenjang
2. Melaksanakan keputusan-keputusan Rakernas-I PDI Perjuangan tahun 2020 dan Rakernas-II PDI Perjuangan tahun 2021
3. Monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas anggota Fraksi PDIP Perjuangan DPR RI
4. Laporan rekap absensi kehadiran rapat anggota Fraksi PDIP Perjuangan DPR RI, evaluasi 6 bulanan oleh Ketua Umum PDIP Perjuangan
5. Mendukung kebijakan pemerintah dalam penanggulangan Virus Corona/COVID-19
6. Peringatan setiap tahun bulan Juni sebagai Bulan Bung Karno Bapak Bangsa
7. Disiplin komunikasi politik terkait calon presiden dan calon wakil presiden 2024
8. Mengunduh aplikasi Media Pintar Perjuangan sebagai media informasi dan komunikasi program serta pergerakan PDI Perjuangan
9. Penjaringan dan Penyaringan Bakal Calon Anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Pemilu tahun 2024.

Lihat juga Video: PKB Harap Momen Sejuk Megawati Semeja dengan SBY Diikuti

[Gambas:Video 20detik]




(rfs/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT