KIB Akan Bahas Capres, Golkar Yakin Airlangga Hartarto Bakal Diusung

ADVERTISEMENT

KIB Akan Bahas Capres, Golkar Yakin Airlangga Hartarto Bakal Diusung

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 20 Nov 2022 08:18 WIB
Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzily
Ace Hasan Syadzily. (Dok. detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengungkap bahwa pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan berlangsung pada dua bulan ke depan membahas capres 2024. Partai Golkar yakin Airlangga Hartarto akan jadi Capres yang diusung KIB.

"Jadi, Partai Golkar sangat yakin bahwa memang Pak Airlangga Hartarto merupakan figur yang tepat yang akan diusulkan sebagai Calon Presiden oleh KIB karena kemampuan teknokrasi dan kemampuan diplomasi ekonomi internasionalnya yang dibutuhkan bangsa," ujar Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily saat dihubungi, Sabtu (19/11/2022).

Ace yakin Zulhas dapat melihat kinerja Airlangga sebagai Menko Perekonomian. Dimana menurut Ace, Airlangga kerap mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam berbagai pertemuan multilateral.

"Saya yakin Pak Zulhas juga bisa menilai sejauh mana peran penting Pak Airlangga sebagai Menko Perekonomian dalam fora pertemuan berbagai multilateral yang sangat bergengsi itu atas nama negara mendampingi Presiden Jokowi," tuturnya.

Ace mengatakan pertemuan ketum-ketum partai KIB sangat intens, terutama pada saat menjalankan tugas dan menyukseskan agenda-agenda besar pemerintah seperti KTT G20. Ace menilai meski fokus dalam mensukseskan agenda ekonomi, namun Ace meyakini ada terselip pembicaraan terkait KIB.

"Perjumpaan Pak Zulkifli Hasan dengan Pak Airlangga Hartarto dan juga Pak Mardiono sangat intens. Apalagi Pak Airlangga dan Pak Zulhas sebagai bagian dari Tim Kabinet Ekonomi begitu sangat intens dalam menyukseskan agenda-agenda yang sangat padat dari mulai G20 di Bali, APEC di Thailand, sebelumnya juga dalam KTT ASEAN di Kamboja," tuturnya.

"Jadi pasti ada pembicaraan yang tersela dalam agenda penting kenegaraan itu walaupun semuanya pasti fokus untuk menyukseskan agenda ekonomi global, peningkatan perdagangan dan mendorong terciptanya tata ekonomi global yang stabil," kata Ace.

Zulhas Sebut KIB akan Bahas Capres

Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengungkap bahwa pertemuan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan berlangsung pada dua bulan ke depan. Pertemuan itu nantinya akan membahas capres 2024.

"Kami kalau KIB merumuskan dulu apa yang dikerjakan. Mudah-mudahan 2 bulan depan berbicara soal capres," ujar dia saat ditemui di Stadion Manahan Solo, dilansir detikJateng, Sabtu (19/11/2022).

Lalu, Zulhas menyinggung tokok-tokoh hebat yang nantinya akan digadang-gadang menjadi capres 2024 KIB. Di antaranya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Menteri BUMN Erick Thohir

"Pilpres nanti. Semua hebat-hebat, Pak Ganjar, Pak RK, Pak Erick, Pak Anies," ucap Zulhas.

(dwia/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT