Wiranto Bertemu Ketua KPU, Ini yang Dibahas

ADVERTISEMENT

Wiranto Bertemu Ketua KPU, Ini yang Dibahas

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 19 Okt 2022 12:07 WIB
Wiranto dan anggota Wantimpres bertemu Ketua KPU RI (dok. Wantimpres).
Foto: Wiranto dan anggota Wantimpres bertemu Ketua KPU RI (dok. Wantimpres).
Jakarta -

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto melakukan pertemuan Ketua KPU Hasyim Asy'ari. Pertemuan membahas kesiapan dalam menghadapi Pemilu 2024.

Berdasarkan keterangan tertulis yang dikutip dari situs Wantimpres, Rabu (19/10/2022), pertemuan Wantimpres dengan Ketua KPU digelar di kantor Wantimpres pada Selasa (18/10) kemarin. Pertemuan itu mengusung tema 'Persiapan dan Kesiapan Menghadapi Pemilu 2024'.

Selain Wiranto, hadir juga anggota Wantimpres lainnya, yaitu Putri Kuswisnu Wardani, Agung Laksono, Sidarto Danusubroto, Soekarwo dan M Mardiono. Sedangkan Ketua KPU didampingi Eberta Kawima selaku Deputi Bidang Dukungan Teknis KPU

Wantimpres menyadari pelaksanaan Pemilu 2024 akan menjadi pesta demokrasi yang cukup rumit dan menyita energi. Tahun 2024 bakal menjadi tahun politik yang besar-besaran di Indonesia.

"Pesta demokrasi ini akan memilih presiden, anggota DPR RI, anggota DPRD Provinsi, anggota DPRD Kabupaten/Kota dan anggota DPD secara bersamaan, tanggal 14 Februari 2024. Selanjutnya tanggal 27 November 2024 akan dilaksanakan Pilkada Serentak untuk memilih gubernur, bupati dan walikota secara bersamaan," demikian keterangan tertulis di situs Wantimpres.

Atas dasar itu, Wantimpres menggelar pertemuan terbatas dengan Ketua KPU untuk mendiskusikan langkah-langkah antisipasi yang telah disiapkan KPU. Selain itu, pertemuan juga membahas perihal mitigasi atas sejumlah persoalan termasuk tawaran alternatif solusi yang paling memungkinkan untuk mengatasi kendala yang dihadapi penyelenggara Pemilu.

"Wantimpres optimis KPU dapat menyelenggarakan seluruh tahapan, program dan jadwal yang telah ditetapkan bersama dengan sebaik-baiknya. Wantimpres berharap KPU dapat belajar dari kekurangan penyelenggaraan pemilu sebelumnya sehingga Pemilu 2024 dapat terselenggara secara jauh lebih baik dari pemilu sebelumnya," lanjut keterangan Wantimpres.

(knv/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT