NasDem soal Akbar Tanjung: Ini Amunisi Baru buat Anies di 2024

ADVERTISEMENT

NasDem soal Akbar Tanjung: Ini Amunisi Baru buat Anies di 2024

Matius Alfons Hutajulu - detikNews
Kamis, 06 Okt 2022 11:25 WIB
Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali.
Foto: Ahmad Ali (dok: www.nasdem.id)
Jakarta -

Partai NasDem menyambut baik sikap senior Partai Golkar Akbar Tanjung yang mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden atau capres di 2024. NasDem menyebutnya sebagai amunisi baru bagi Anies untuk berjuang di 2024.

"Alhamdulilah apa yang diputuskan oleh NasDem itu juga mendapat respons positif dari tokoh sekaliber Akbar Tanjung tentunya, ini sesuatu amunisi baru buat Pak Anies untuk 2024. Iya semakin banyak orang beri dukungan, pasti berdampak sangat positif, kontestasi ini harus dikerjakan bersama-sama, pemilihan ini tidak bisa dikerjakan oleh satu kelompok," kata Waketum Partai NasDem Ahmad Ali saat dihubungi, Kamis (6/10/2022).

Ahmad Ali melihat dukungan-dukungan terhadap Anies juga datang dari berbagai elite. Dia mengaku juga tahu elite-elite PAN memberikan dukungan atas pencapresan Anies Baswedan.

"Ini semua tentunya sekali lagi harapan, dukungan ini membesarkan hati, NasDem merasa analisis penilaian NasDem terhadap figur Anies Baswedan ini suatu hal yang benar di mata elite-elite tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut, anggota Komisi III DPR ini melihat dukungan terhadap elite-elite partai, termasuk Akbar Tanjung, pastinya sudah melaui pertimbangan yang matang. Menurutnya, itu bedasarkan atas penilaian kinerja Anies di DKI Jakarta.

"Tentunya tokoh-tokoh tersebut mendukung Anies, seperti Akbar Tanjung berdasarkan pertimbangan yang sangat matang, begitu juga dari Muhamadiyah, tokoh-tokoh NU itu berdasarkan pertimbangan matang melihat apa yang Anies kerjakan di DKI pastinya. Anies mengerjakan DKI itu dengan sangat elegan, menyelesaikan berbagai permasalahan di DKI, bekerja di kesunyian tanpa mengumbar pernyataan yang berpotensi gaduh," ujar dia.

Meski demikian, dia tidak mau berandai-andai apakah ini sinyal Golkar akan bergabung dengan NasDem untuk sama-sama mengusung Anies. Dia menyebut NasDem terbuka bagi siapapun, termasuk Golkar.

"Itu sangat dekat, sangat dekat, di mana Pak Akbar Tanjung itu tokoh sekaliber, dan senior. Artinya apakah kemudian itu sebagai manuver atau sinyal? Kemungkinan, bisa saja, bisa jadi juga iya, Pak Akbar kan orang yang sangat strategis dan taktis, kita tidak bisa menafsirkan pengaruh beliau di internal Golkar," tutur dia.

"Itu tentunya kita kembalikan ke internal Golkar karena punya mekanisme sendiri dalam tentukan pilihan, kemarin munas dia sudah putuskan Airlangga sebagai presiden. Tapi apa kemungkinan? Semua kemungkinan-kemungkinan terbuka, tapi kita tak mau berandai-andai, itu persoalan internal mereka," imbuhnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Lihat Video: Gelagat Zulhas Saat Ditanya Kans PAN Usung Anies jadi Capres

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT