ADVERTISEMENT

Tak Undang Ganjar Saat Deklarasi Capres, Ini Alasan PSI

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 07:21 WIB
Ketum PSI Grace Natalie (Amir-detik)
Foto: Grace Natalie (Amir-detik)
Jakarta -

PSI mengakui tidak mengundang Ganjar Pranowo saat mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah itu sebagai calon presiden (capres). PSI merasa tak perlu untuk memberi tahu Ganjar.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie membahas soal polling capres yang dilakukan oleh PSI. Polling itulah yang disebut PSI sebagai dasar memberikan dukungan kepada Ganjar.

"Polling Rembuk Rakyat adalah jajak pendapat publik. Yang kami tanyai adalah masyarakat. Ke sembilan nama ini kami serap dari masyarakat. Media juga memberitakan terkait program rembuk rakyat. Jadi yang saya maksud, di konpres kemarin, ke sembilan tokoh tahu bahwa sedang ada polling," kata Grace, saat dihubungi, Selasa (4/10/2022).

Grace mengatakan deklarasi Ganjar sebagai capres yang dilakukan pada Minggu (2/10) adalah pengumuman hasil Polling Rembuk Rakyat.

"Pengumuman kemarin, PSI menyampaikan hasil polling. Pilihan masyarakat paling banyak ke Pak Ganjar. Sesuai komitmen PSI, capres PSI adalah orang yang mendapat suara paling banyak dalam Polling Rembuk Rakyat. Karena berarti orang itulah yang paling dikehendaki masyarakat," ujarnya.

Karena merupakan hasil polling, PSI merasa tak perlu memberitahukan Ganjar. Selain itu, Ganjar pun bukanlah kader PSI.

"Kami memang tidak memberitahu secara khusus kepada Pak Ganjar, hasil poling akan diumumkan karena. Tidak perlu juga, mengingat Pak Ganjar bukan kader PSI," katanya.

Dia menilai kewajiban PSI adalah menyampaikan hasil polling yang dilakukan sejak Februari kepada masyarakat. Grace menyebut PSI telah membuat komitmen publik untuk mendukung calon yang paling diinginkan oleh masyarakat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar PranowoGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Foto: Dok. Istimewa

"Ini bukan keputusan elit partai. Partai itu kan perpanjangan tangan publik. Jadi kewajiban kami adalah kepada masyarakat atau publik. Bukan kepada Pak Ganjar," ucapnya.

Soal tanggapan Ganjar yang menyebut ingin fokus kerja Gubernur Jawa Tengah, Grace mengaku tidak mempermasalahkan. Menurutnya, hal itu merupakan kewajiban Ganjar yang yang masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Grace juga menilai tidak ada ucapan penolakan dari Ganjar secara langsung.

"Ya harus (fokus kerja buat Jawa Tengah), kan beliau masih Gubernur aktif," katanya.

PSI Usung Ganjar Jadi Cawapres

Grace Natalie mengumumkan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden atau Capres di Pilpres 2024. PSI menyebut Ganjar memiliki semangat kebangsaan yang sejalan dengan PSI.

"Dari hasil rembuk rakyat itu kami mengumumkan bahwa PSI akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres di 2024," katanya, Senin (3/10).

Grace mengatakan Ganjar unggul dibandingkan calon lain. Dia menilai Ganjar memiliki sikap kebangsaan yang diperjuangkan PSI.

"Sejak awal Mas Ganjar unggul dibandingkan kandidat lainnya. Bagi PSI, Ganjar adalah calon terbaik karena memiliki kebangsaan dan kebinekaan yang sama dengan apa yang selama ini diperjuangkan PSI," ujarnya.

Tanggapan Ganjar. Simak di halaman selanjutnya.

Simak juga Video: PSI Usung Ganjar Jadi Capres, Bambang Pacul Singgung Tata Krama

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT