HNW: Sebelum Umumkan Anies Capres, NasDem Komunikasi ke PKS

ADVERTISEMENT

HNW: Sebelum Umumkan Anies Capres, NasDem Komunikasi ke PKS

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 15:46 WIB
Hidayat Nur Wahid
Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid (Foto: MPR)
Jakarta -

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan pihaknya masih terus membahas soal rencana koalisi dan pencapresan. Dia menyebut PKS intens berkomunikasi dengan NasDem dan Demokrat untuk membahas koalisi.

"Ya ketiganya sekaligus, koalisi, capres, dan cawapres sekaligus. Tapi komunikasi sangat intensif dengan NasDem, Demokrat, itu sangat intensif," kata Hidayat kepada wartawan, Selasa (4/10/2022).

Hidayat mengatakan NasDem juga mengabari PKS sebelum mengumumkan Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai capres usungan di Pilpres 2024. Dia memastikan ketiga partai di calon poros koalisi itu saling mengetahui dan memahami pilihan waktu pengumuman capres dan cawapres.

"Dan bahkan kemarin sebelum pengumuman NasDem juga berkomunikasi dengan PKS. Jadi kita saling mengerti, mengetahui, dan memahami pilihan waktu pengumuman siapa capres dan pasangan cawapres," katanya.

Dia menjelaskan saat ini majelis syura PKS secara prinsip sudah membuat keputusan tentang koalisi dan kualifikasi capres yang bakal diusung. Dia mengatakan keputusan itu telah dimandatkan majelis syura kepada dewan pimpinan tingkat pusat (DPTP).

"Jadi secara prinsip majelis syuro sudah membuat keputusan tentang koalisi dan kualifikasi capres yang akan diusung PKS," katanya.

"Dan kemudian kita, majelis syuro memandatkan kepada dewan pimpinan tingkat pusat (DPTP). Jadi oleh majelis syuro kewenangan untuk mengeksekusi dan membahas perkembangan harian pencapresan itu sudah didelegasikan kepada DPTP," imbuhnya.

Hidayat menyebut DPTP telah membuat kajian terkait pertimbangan berkoalisi dan pencapresan tersebut. Menurutnya, pengumuman langkah PKS ini bakal diumumkan sebelum 2022 berakhir.

"DPTP tentu sudah membuat kajian, pendelegasian mengirimkan untuk berkomunikasi, dan karenanya kapan akan kemudian memutuskan dan mengumumkan koalisinya, secara prinsip terjadi sebelum 2022 berakhir, tapi bisa juga dipercepat berdasarkan hasil rapat DPTP," kata dia.

Simak Video 'NasDem Percepat Deklarasi Anies sebagai Capres Terkait KPK?':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT