Saat Megawati Ikut Menari 'Bersuka Ria' Bareng Perwira TNI AL

ADVERTISEMENT

Saat Megawati Ikut Menari 'Bersuka Ria' Bareng Perwira TNI AL

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 14:09 WIB
Megawati Soekarnoputri (dok. PDIP).
Foto: Megawati Soekarnoputri (dok. PDIP).
Jakarta -

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri memberikan kuliah umum di Kampus Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ada momen Megawati ikut menari lagu 'Bersuka Ria' bareng para perwira TNI AL.

Dalam keterangan tertulis PDIP, Selasa (4/10/2022), Megawati datang ke Seskoal bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Megawati disambut jajaran TNI AL yang dipimpin Kepala Staf Laksamana Yudo Margono.

Sebelum masuk ke ruangan kuliah yang sudah dihadiri ratusan peserta didik Seskoal, Megawati memberikan sebuah lukisan. Begitu masuk, Megawati disambut lagu Bersuka Ria yang pernah dinyanyikan Bing Slamet dan populer di era Sukarno.

Para perwira TNI AL kemudian bernyanyi dan bergerak mengikuti irama lagu itu. Sementara Megawati dan Yudo naik ke atas panggung dan duduk di kursi. Megawati tampak tersenyum dan sesekali tertawa melihat gerakan para perwira. Tiba-tiba Megawati menggerakkan tubuhnya dan tangannya seakan menarikan tari jawa.

Usai lagu dan gerak Bersuka Ria selesai, Yudo menyampaikan sambutan soal Megawati yang menunjukkan lagu Bersuka Ria memiliki gerakan tari tersendiri dan gerakannya seperti tari jawa serta luwes. Yudo mengatakan Megawati sempat membisikinya tentang gerakan para perwira siswa Seskoal masih agak kaku dibandingkan gerakan tari Bersuka Ria yang asli.

"Jadi nanti lagu ini ada gerakan sendiri yang tariannya jangan kaku. Kata beliau tadi kita terlalu lemas. Tadi beliau tunjukkan seperti tari jawa. Ternyata lagu ini ada gerakannya tersendiri," kata Yudo.

Komandan Seskoal Laksamana Muda (TNI) Yoos Suryono Hadi mengatakan acara kuliah umum itu bertemakan Pancasila dan pembinaan ideologi bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Beliau bukan hanya putri penggagas Pancasila dan Presiden Kelima, namun Ibu Megawati adalah juga tokoh senior yang sangat paham hidup dan perjalanan bangsa ini. Terlebih lagi beliau adalah ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila," kata Yoos Suryono.

"Sehingga dengan kuliah ini, Pancasila menjadi falsafah hidup para siswa yang nanti akan langsung bertugas di berbagai jabatan operasionalnya," katanya.

Megawati mengatakan dirinya akan banyak berbicara mengenai situasi dan kondisi dunia, serta dampaknya terhadap kondisi di Indonesia.

"Ini menjadi prioritas di masa sekarang dan strategis untuk diketahui. Beberapa kali saya dipanggil oleh Bapak Presiden untuk berbicara mengenai situasi internasional dan di dalam negeri," kata Megawati.

Simak juga 'Keprihatinan Megawati soal Aturan Tinggi Badan Masuk Taruna TNI':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT