ADVERTISEMENT

Koalisi Pro Anies Diprediksi Deklarasi Sebelum Akhir Tahun 2022

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 12:20 WIB
Ketum NasDem Surya Paloh mengusung Anies Baswedan maju jadi capres untuk Pemilu 2024. Dalam kesempatan itu Paloh memeluk erat Anies, Senin, 3/10/2022.
Anies Baswedan saat deklarasi capres 2024 oleh NasDem. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Partai NasDem resmi mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024. Poros NasDem, Partai Demokrat, dan PKS dinilai berpeluang besar mendeklarasikan koalisi mengusung Anies sebelum akhir tahun ini.

"Jika mekanisme internal Demokrat dan PKS bisa segera berjalan cepat untuk menyambut langkah NasDem ini, maka besar kemungkinan deklarasi koalisi tiga partai akan dilakukan sebelum akhir tahun 2022 ini," kata dosen Ilmu Politik & International Studies Universitas Paramadina A. Khoirul Umam kepada wartawan, Senin (3/10/2022).

Umam menilai keputusan NasDem mencapreskan Anies telah dikoordinasikan secara ketat dengan Demokrat dan PKS. Maka, katanya, hal ini akan menjadi langkah awal yang segera memicu percepatan konsolidasi koalisi.

Pencapresan Anies ini, menurut Umam, bisa menjadi momentum rekonsolidasi kekuatan politik untuk menghadapi operasi politik kompetitor yang diduga akan memanfaatkan instrumen penegak hukum untuk membidik Anies.

"Artinya, target operasi politik kompetitor Anies adalah menciptakan 'damage' lebih dulu untuk mengalienasi Anies dari panggung kontestasi pilpres, untuk selanjutnya bisa dihentikan kasusnya ketika Anies tidak lagi masuk dalam pusaran politik nasional," ujarnya.

NasDem sebelumnya resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres. Ketua Umum NasDem Surya Paloh menyebut hubungannya dengan PKS dan Partai Demokrat baik, dan semakin dekat.

"Soal dua partai. Baik PKS teman kita, teman kita Demokrat, jujur saja, dari apa perspektif yang saya pahami. Apa yang saya pahami sebagai praktisi politisi, Insyaallah semuanya menyatukan pikiran, semangat, dekat bersama dengan NasDem. Insyaallah," kata Surya Paloh, salam konferensi pers usai deklarasi Anies jadi Capres NasDem, di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10).

Sementara itu, Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyambut baik keputusan NasDem deklrasikan Anies. Syaikhu menilai Anies sebagai simbol perubahan Indonesia ke depan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT