NasDem Deklarasikan Anies Capres, AHY Minta Kader PD Tak Grusa Grusu

ADVERTISEMENT

NasDem Deklarasikan Anies Capres, AHY Minta Kader PD Tak Grusa Grusu

Gibran Maulana - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 11:17 WIB
AHY (dok. Demokrat).
Foto: AHY (dok. Demokrat).
Jakarta -

Partai NasDem sudah mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) mereka untuk 2024. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY merespons deklarasi Anies capres.

Respons AHY soal Anies dideklarasikan sebagai capres disampaikan saat memberikan sambutan dalam pelantikan pengurus DPC Partai Demokrat se-Jawa Tengah, di Magelang, Senin (3/10). Dalam video yang diterima detikcom, Selasa (4/10/2022), AHY merespons pernyataan para ketua DPC yang berharap dirinya beserta pengurus pusat Demokrat segera menentukan koalisi 2024.

"Koalisi itu penuh dengan misteri, sepakat? Karena bukan hanya kita yang menentukan dan tidak semua dalam kendali kita. Kita hanya bisa terus berikhtiar," ujar AHY.

AHY menyebut dirinya bersama petinggi Demokrat, termasuk Sekretaris Jenderal (Sekjen) Teuku Riefky Harysa, selalu membuka ruang untuk koalisi 2024. AHY menegaskan waktu pendaftaran Pilpres 2024 masih lama, sekitar satu tahun lagi.

"Waktunya masih ada sehingga saya berharap para kader juga tetap tenang tidak usah kita merasa grusa-grusu. Kita hormati partai partai yang telah menentukan sikapnya," kata AHY.

AHY kemudian mengungkit deklarasi Anies capres oleh NasDem. AHY menyebut NasDem dan juga PKS selalu berkomunikasi dengan Demokrat. Ketiga partai ini santer disebut-sebut segera membentuk koalisi 2024.

"Tadi pagi Partai NasDem contohnya, mengikuti, telah mendeklarasikan calon presiden tahun 2024. Sudah berkomunikasi juga dengan Demokrat, termasuk PKS, di Jakarta kemarin. Dan kita menghormati sepenuhnya, itu adalah hak dan kedaulatan Partai NasDem," kata AHY.

"Begitu pula sebaliknya mereka menghormati kedaulatan, proses dan mekanisme yang berlaku internal di Partai Demokrat, termasuk di partai PKS," ujar dia.

AHY menegaskan kebersamaan Demokrat bersama NasDem dan PKS masih terjaga. AHY kemudian menyampaikan harapan soal kebersamaan ketiga partai ke depannya.

"Jadi sampai dengan hari ini suasana dan kebersamaannya masih baik, tetapi, sekali lagi, kita sama-sama terus membangun komunikasi dan silaturahmi. Semoga ada kebersamaan-kebersamaan ke depan," ujar AHY.

AHY juga meminta kader Demokrat tidak terlalu khawatir soal nasib koalisi partai. AHY meminta kader Demokrat terus fokus bekerja.

"Tetapi, sekali lagi, tidak perlu terlalu khawatir dengan itu. Jangan sampai kita gagal fokus. Siap semuanya ya? Terus saja tingkatkan elektabilitas partai kita, tingkatkan elektabilitas caleg-caleg kita. Tingkatkan elektabilitas supaya ada jalan ke sana," ujarnya.

"Dan semoga pada saatnya dan, saya yakinkan, tentu pada saatnya yang tepat kita juga akan mengumumkan sikap kita seperti apa dan juga mengumumkan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh Partai Demokrat," imbuh AHY.

Simak Video: Adu Elektabilitas Anies Vs Ganjar, Capres NasDem dan PSI

[Gambas:Video 20detik]




(gbr/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT