Jadi Capres NasDem, Anies Baru Pegang 'Sobekan' Tiket Pilpres 2024

ADVERTISEMENT

Jadi Capres NasDem, Anies Baru Pegang 'Sobekan' Tiket Pilpres 2024

Tim detikcom - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 12:14 WIB
Partai NasDem akan mengumumkan capres pilihannya hari ini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlihat merapat ke NasDem Tower.
Foto: Anies Baswedan (Rifkianto Nugroho/detikcom).
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah punya perahu untuk menatap Pilpres 2024 setelah diresmikan sebagai calon presiden (capres) Partai NasDem. Meski demikian, Anies masih belum memegang tiket penuh Pilpres 2024, baru 'sobekan'.

Deklarasi Anies Baswedan sebagai capres NasDem digelar di NasDem Tower, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022). Pengumuman deklarasi Anies Baswedan menjadi capres NasDem disampaikan langsung Ketua Umum Surya Paloh. Anies Baswedan hadir langsung dalam acara itu.

Surya Paloh meyakini anak-anak bangsa saat ini baik. NasDem, katanya, memilih yang terbaik oleh karena itu dia memutuskan sosok Anies Baswedan yang dipilih.

"Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro sejalan," kata Paloh saat konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta Selatan.

"Kenapa Anies Baswedan, jawabannya adalah why not the best," ujar Paloh.

Anies telah menerima mandat menjadi capres NasDem dalam kesempatan itu. "Dengan memohon ridho Allah dengan memohon petunjuk dariNya dan seluruh kerendahan hati, bismillahirrahmanirrahim, kami terima dan bersiap menjawab tantangan itu," kata Anies.

Ambang Batas Capres

NasDem yang sudah mendeklarasikan Anies sebagai capres masih belum memegang penuh tiket Pilpres 2024. NasDem harus berkoalisi, minimal dengan satu partai yang punya perolehan kursi DPR 10 persen. Aturan ini merujuk Undang-Undang Pemilu yang berlaku saat ini.

Berdasarkan aturan Pasal 222 UU Pemilu, syarat mengajukan capres cawapres di Pilpres 2024 yakni partai atau gabungan partai yang memiliki paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR 2019.

Perolehan kursi NasDem di Pilpres 2019 yakni 10,26%. Sejauh ini, NasDem sedang penjajakan dengan Partai Demokrat dan PKS. Jika deal atau sepakat, ketiga partai ini bisa memajukan capres dan cawapres.

Berikut ini perolehan kursi DPR NasDem, Demokrat, dan PKS:
1. NasDem 10,26% kursi DPR
2. Demokrat 9,39% kursi DPR
3. PKS 8,7% kursi DPR
Total kursi ketiga partai: 28,35%

(gbr/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT