GP Mania Kaget Ada 'Rumah Ganjar': Banyak Relawan Siluman

ADVERTISEMENT

GP Mania Kaget Ada 'Rumah Ganjar': Banyak Relawan Siluman

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sabtu, 01 Okt 2022 08:54 WIB
Immanuel Ebenezer (Dok. Pribadi).
Foto: Immanuel Ebenezer (Dok. Pribadi).
Jakarta -

Ketua Relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania Immanuel Ebenezer mengaku tidak tahu menahu perihal adanya Rumah Ganjar. Dia mengaku kaget atas munculnya wadah yang disebut terdiri dari 18 relawan pendukung Ganjar Pranowo.

"Kita kaget, ini siapa orangnya. Itu kan di Jalan Brawijaya. Kita kan di Panglima Polin, GP Mania. Brawijaya itu cuma beberapa meter jaraknya, nggak terlalu jauh," kata Immaniel yang akrab dipanggil Noel, Jumat (30/9/2022).

Menurut Noel, saat ini muncul relawan-relawan pendukung Ganjar yang dia tidak tahu siapa. Dia menduga para relawan itu bekas anggota relawan pendukung Joko Widodo (Jokowi) saat menjadi capres.

"Sekarang kan banyak relawan-relawan siluman, Nggak tahu dari mana arahnya. Motifnya apa, tujuannya apa, saya nggak tahu," katanya.

"Ini kan orang-orang ini kan baru ngongon semua. Kan dulu relawan Jokowi semua, yang bekas anak buah, pengikut, tiba-tiba bikin relawan. Mereka mau memimpin. Nggak tahu motif apa, saya juga nggak tahu Rumah Ganjar ini motifnya apa," imbuh Noel.

Noel juga mengaku tak ada konsolidasi antar relawan Ganjar. Dia mengaku hanya komunikasi secara kultural dengan kelompok relawan yang dia kenal.

"Enggak kenal, kecuali ada beberapa relawan seperti Ganjaris, Ganjar Center, saya kenal tuh, tapi yang lain-lainnya saya nggak tahu nih ini siapa. (Dengan Ganjaris) ya ngobrol biasa, tapi tidak ada semacam kerjasama, karena kita mau setiap organisasi punya cara sendiri," ucapnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar PranowoGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Foto: Dok. Istimewa

Diketahui, sebanyak 18 relawannya kini bergabung ke dalam satu wadah dan satu tempat bernama Rumah Ganjar.

Para relawan Ganjar itu ditugaskan untuk membangun narasi dan strategi propaganda untuk berperang opini melawan capres lainnya. Tentunya dengan satu tujuan yakni mendukung Ganjar sebagai capres di 2024.

Seperti dilansir detikX, Rumah Ganjar memiliki peran tersendiri yakni sebagai koordinator dan penyedia kebutuhan para relawan. Termasuk bertugas melakukan pemetaan di daerah dan menyediakan bahan propaganda politik bagi para relawan.

Namun, saat ini mereka masih enggan terbuka ke publik lantaran menghindari benturan dengan PDIP. Akan tetapi, terkait sumber pendanaan, narasumber detikX membeberkan Rumah Ganjar dikomandani oleh salah satu komisaris anak perusahaan BUMN yang bergerak di bidang migas

"Mereka belum secara resmi pakai nama Rumah Ganjar. Sepertinya di pertemuan lanjutan akan pakai nama lain, sampai nanti jelas Ganjar dapat tiket dari partai," ucap salah satu relawan yang enggan diungkap identitasnya.

Simak Video 'PDIP: Diusung Capres Atau Tidak, Ganjar Bagian Tak Terpisahkan':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT