ADVERTISEMENT

Sentilan PDIP ke Relawan Pembuat 'Rumah Ganjar'

Nahda Utami, Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sabtu, 01 Okt 2022 07:00 WIB
Ganjar saat menjadi pembicara dalam Dialog Kebijakan: Masa Depan Pekalongan Konsekuensi dari Setiap Kebijakan dan Aksi yang dilaksanakan di Arrus Hotel, Semarang pada Rabu (21/9).
Ganjar Pranowo (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Para loyalis Ganjar Pranowo membentuk barisan dan membuka tempat bernama 'Rumah Ganjar'. Pembentukan Rumah Ganjar itu lantas mendapat sentilan dari PDIP.

18 Kelompok Relawan Bergabung di Rumah Ganjar

Setidaknya ada 18 relawan Ganjar Pranowo yang bergabung dalam Rumah Ganjar. Para relawan Ganjar itu ditugaskan untuk membangun narasi dan strategi propaganda untuk berperang opini melawan capres lainnya. Tujuan mereka sama, yakni mendukung Ganjar sebagai capres di 2024.

Seperti dilansir detikX, Rumah Ganjar memiliki peran tersendiri yakni sebagai koordinator dan penyedia kebutuhan para relawan. Termasuk bertugas melakukan pemetaan di daerah dan menyediakan bahan propaganda politik bagi para relawan.

Namun, saat ini mereka masih enggan terbuka ke publik lantaran menghindari benturan dengan PDIP. Akan tetapi, terkait sumber pendanaan, narasumber detikX membeberkan Rumah Ganjar dikomandani oleh salah satu komisaris anak perusahaan BUMN yang bergerak di bidang migas.

"Mereka belum secara resmi pakai nama Rumah Ganjar. Sepertinya di pertemuan lanjutan akan pakai nama lain, sampai nanti jelas Ganjar dapat tiket dari partai," ucap salah satu relawan yang enggan diungkap identitasnya.

Di mana lokasi Rumah Ganjar ini?

Para kelompok relawan biasanya bertemu di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tepatnya di sebuah rumah yang disewa dengan biaya Rp 600-an juta. Markas Rumah Ganjar ini berada di kawasan perumahan elite dengan bangunan dua lantai berkelir putih dengan gerbang tinggi warna cokelat yang terbuat dari kayu.

"Sering di sana ada konsolidasi, ya ada juga kelompok relawan yang ambil dana di sana. Nggak semua, karena sebagian sudah ada juragannya masing-masing," tuturnya.

Simak selengkapnya di halaman berikut

Saksikan juga 'PDIP: Diusung Capres Atau Tidak, Ganjar Bagian Tak Terpisahkan':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT