NasDem dan Demokrat Belum Deal, PKS: Man Shobaro Zafiro

ADVERTISEMENT

NasDem dan Demokrat Belum Deal, PKS: Man Shobaro Zafiro

Nahda Utami - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 15:06 WIB
Mardani Ali Sera
Foto: Mardani Ali Sera (Dok. Istimewa).
Jakarta -

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menyatakan belum ada kesepakatan atau deal koalisi dengan Partai Demokrat. PKS memberikan nasihat kepada Demokrat dan NasDem yang merupakan calon mitra koalisi mereka.

"Wajar ada komen yang saling melengkapi puzzle," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada wartawan, Jumat (30/9/2022).

Mardani mengatakan saat ini para partai politik (parpol) sedang fokus membentuk koalisi agar memenuhi persyaratan ambang batas pengajuan presiden atau Presidential Threshold 20 persen. Menurutnya, setelah ini, barulah para parpol membahas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diputuskan.

"Karena tahapan sekarang menggenapi koalisi memenuhi minimal 20 % kursi dan prosesnya berjalan baik. Baru sesudahnya kita bahas capres dan cawapres," kata Mardani.

Lebih lanjut, Mardani melihat urusan koalisi dan capres-cawapres membutuhkan proses. Dia meyakini siapapun yang bersabar, pasti akan menang.

"Bahkan sebaiknya juga didetailkan kerangka kerja dan line up kabinet dan semua perlu proses. Man shobaro, zafiro. Siapa sabar akan menang. PKS yakin semua sabar meniti proses," ujarnya.

Belum Deal

Ahmad Ali sebelumnya menyebut mereka tidak bisa menanggapi usulan Demokrat soal AHY jadi duetnya Anies Baswedan. Ali menegaskan NasDem dan Demokrat belum ada ikatan koalisi.

"Nanti (siapapun yang berkoalisi) akan ada kesamaan dalam memilih capres, tapi apakah kemudian kalau ditanya apa yang diusulkan Demokrat (duet Anies-AHY) ya kami tidak bisa menanggapi itu, kami tidak punya ikatan kerja sama apa-apa dengan Demokrat, paling tidak sampai hari ini untuk mendiskusikan atau menyetujui apa yang menjadi usulan Demokrat. NasDem itu berpandangan partai sebagai wadah untuk mengatur sirkulasi kekuasaan," kata Ali saat dihubungi pada Kamis (29/9) malam.

Ali menilai tidak semua kader partai politik (parpol) memiliki karakter yang lebih baik ketimbang tokoh nonparpol. Ali menegaskan, NasDem akan berkoalisi dengan partai yang memiliki kesamaan pandangan.

"Kalau NasDem berpandangan tidak semua kader partai politik itu lebih baik dari kader-kader profesional maupun non partai. Kami ingin berkoalisi dengan partai yang memiliki pandangan yang sama," imbuhnya.

Simak video 'Demokrat Komunikasi Intens dengan PKS-NasDem, Sodorkan Duet Anies-AHY':

[Gambas:Video 20detik]



(nhd/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT