Adu Elektabilitas 3 Kandidat Cawapres NasDem untuk Anies, AHY Tertinggi

ADVERTISEMENT

Adu Elektabilitas 3 Kandidat Cawapres NasDem untuk Anies, AHY Tertinggi

Gibran Maulana - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 13:36 WIB
Pengurus DPD PD DKI Jakarta dikukuhkan Ketum PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Gubernur DKI Anies Baswedan diajak foto bersama pengurus PD setelahnya.
Foto: Anies bersama AHY (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta -

Senior Partai NasDem Zulfan Lindan sudah mengungkapkan tiga calon wakil presiden (cawapres) untuk dipasangkan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menjadi tokoh bakal cawapresnya Anies dengan elektabilitas tertinggi.

Perihal sosok cawapres Anies ini diungkapkan Zulfan Lindan saat diskusi Adu Perspektif dengan tema 'Membaca Manuver Tabloid, Dewan Kolonel, hingga Isu Dendam Lama' yang diselenggarakan detikcom dan Total Politik, Senin (26/9). Selain AHY, cawapres untuk Anies yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

"Di antara tiga ini, misalkan ada Andika (Perkasa), ada Khofifah, ada AHY. Nanti seperti (calon) Presiden itu juga, ada tiga ini kan, didiskusikan lah ini, dilihat," ujar Zulfan Lindan.

Berikut ini elektabilitas AHY, Khofifah dan Andika Perkasa, tiga kandidat cawapres NasDem untuk Anies Baswedan dalam 2 survei teranyar:

Charta Politika

Survei ini dirilis pada Kamis (22/9) dengan melibatkan 1.220 responden berusia minimal 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih, yang diwawancarai secara tatap muka pada periode 6-13 September 2022. Margin of error survei diklaim 2,82%. Dalam survei wakil presiden, nama AHY menempati urutan ketiga dari keseluruhan tokoh (7,2%). Khofifah ada di urutan keenam (4,1%) dan Andika Perkasa tepat di bawahnya (3,7%) dalam survei Charta Politika.

Sedangkan di survei calon presiden Charta Politika, AHY menempati urutan ketujuh (2,2%) dan Khofifah kesepuluh (1,1%). Sementara itu, nama Andika tidak masuk ke dalam 10 besar survei Charta Politika.

Poltracking

Versi Poltracking yang surveinya digelar pada 1-7 Agustus 2022 dengan melibatkan 1.220 responden, AHY menempati urutan keempat capres elektabilitas tertinggi (4,7%), diikuti Khofifah (2,2%) pada urutan kesembilan. Nama Andika tidak masuk 10 besar dalam survei Poltracking yang diklaim mempunyai margin of error +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Di survei cawapres, elektabilitas AHY mencapai 11,7% dan menempati urutan ketiga. Khofifah Indar Parawansa berada di posisi keenam (5,4 %) dan Andika Perkasa ketujuh (3,7%) dalam survei cawapres Poltracking.

(gbr/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT