PKS: Duet Anies-AHY Keren, Opsi Lain Anies-Khofifah

ADVERTISEMENT

PKS: Duet Anies-AHY Keren, Opsi Lain Anies-Khofifah

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 07:48 WIB
Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melayat ke rumah duka ayahanda Emil Dardak, Achmad Hermanto Dardak, Sabtu (20/8/2022).
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera menilai wacana duet Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai capres dan cawapres 2024 keren. Dia memandang keduanya merupakan sosok muda dan berkualitas.

"Duet Mas Anies dan Mas AHY keren. Muda dan berkualitas. Pasangan yang bagus. Tapi mesti dipastikan pasangan ini dapat dukungan mayoritas dari pemilih Jateng dan Jatim. Dan Indonesia pada umumnya," kata Mardani saat dihubungi, Kamis (29/9/2022).

Mardani menyebut duet Anies-AHY merupakan berkah. Dia juga menyampaikan opsi wacana duet alternatif yakni Anies dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"Selama hasil musyawarah bersama, Insyaallah berkah. Kalau di PKS (musyawarah) tentu Ketua dan para Wakil Ketua Majelis Syuro dan mitra koalisi. Tapi opsi lain juga masih dikaji. Misal Mas Anies dengan Mba Khofifah," ucapnya.

Mardani menyampaikan alasan mengapa Khofifah yang dijadikan sebagai alternatif. Sebab kata Mardani, selain memiliki suara di Jatim, Khofifah juga memiliki suara dari massa muslimat.

"Terbukti punya suara di Jatim. Dan punya massa dari muslimat. Tapi apapun keputusan musyawarah pimpinan akan disambut antusias kader PKS," imbuhnya.

Wacana Duet Anies-AHY

Wacana duet Anies Baswedan dengan AHY mencuat jelang Pilpres 2024. Elite Partai Demokrat menyebut duet ini tak tertandingi merujuk lembaga survei.

"Kami juga mendapat banyak informasi lembaga-lembaga survei kalau bicara pasangan Anies-AHY itu misalnya hampir tanpa tanding, ini katanya nih, kata lembaga survei besar ya," kata Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra di kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022).

Herzaky mengatakan, hal tersebut tentu akan menjadi pertimbangan Partai Demokrat untuk mengusung duet Anies-AHY di 2024. Kendati demikian, ini akan dikomunikasikan terlebih dahulu dengan partai politik calon mitra koalisi.

Simak juga 'MK Tolak Gugatan PKS Soal Presidential Threshold 20%':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT