Sekjen Gerindra soal Anies Siap Nyapres: Kita Tak Bisa Menghalangi

ADVERTISEMENT

Sekjen Gerindra soal Anies Siap Nyapres: Kita Tak Bisa Menghalangi

Nahda Utami - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 17:04 WIB
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani (dok. Gerindra).
Foto: Sekjen Gerindra Ahmad Muzani (dok. Gerindra).
Jakarta -

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan partainya tidak berhak melarang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mencalonkan diri sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Muzani menyebut Anies bukan kader Gerindra.

"Anies tidak pernah menyatakan diri masuk jadi kader Gerindra. Jadi semua warga negara berhak memilih dan berhak untuk dipilih. Jadi kita tidak bisa menghalangi hak seseorang itu," kata Muzani kepada wartawan di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Muzani kemudian mengenang proses Pilkada DKI Jakarta 2017. Dia mengatakan para kader Gerindra saat itu mendukung penuh pemenangan Anies Baswedan.

"Cuman kata kader Gerindra semua kalau ingat Anies, ingat tahun 2017, bagaimana kami semua berkorban, kami semua berjuang, kami mempertaruhkan Anies di RT-RT, kampung-kampung di Jakarta dan saya masih ingat sekitar 2.200 anggota DPR kabupaten, provinsi se-Indonesia kami turunkan ke Jakarta untuk memenangkan Anies ketika itu," jelas Muzani.

Muzani mengatakan kader Gerindra tidak boleh mengingat-ingat kebaikan yang diperbuat. Menurutnya, semua kebaikan akan mendapatkan balasan.

"Saya bilang cuma pesan satu, jangan pernah mengingatkan kebaikan ke orang lain. Saya bilang begitu kalau itu kebaikan nanti ada balasannya di kemudian hari, entah sekarang atau nanti. Itu pesan saya," ujarnya.

Diketahui, Anies Baswedan menyatakan dirinya siap menjadi calon Presiden 2024. Dia mengaku siap nyapres jika ada partai yang mengusungnya.

Hal itu disampaikan Anies saat diwawancarai oleh Reuters di Singapura. Reuters memuat pernyataan Anies dalam artikel berjudul 'Popular governor of Indonesian capital 'prepared' to run for president'.

"Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika sebuah partai mencalonkan saya," kata Anies dalam sebuah wawancara di Singapura seperti dilansir dari Reuters, Jumat (16/9).

Dia menambahkan dirinya tidak menjadi anggota partai memungkinkan 'ruang untuk berkomunikasi dengan semua faksi'. Anies juga bicara soal hasil survei terhadap dirinya.

"Survei yang tidak diminta ini terjadi bahkan sebelum saya berkampanye, saya pikir mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas," kata Anies.

Lihat juga video 'Anies Sebut Pemerintah Tak Cukup Hanya Bangun Infrastruktur Saja':

[Gambas:Video 20detik]



(nhd/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT