Zulfan Lindan: SBY Golden Boy of America

ADVERTISEMENT

Zulfan Lindan: SBY Golden Boy of America

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 07:16 WIB
Jakarta -

Politikus Partai NasDem Zulfan Lindan bicara peran Amerika Serikat (AS) terhadap perpolitikan di sejumlah negara. Zulfan Lindan mendengar bahwa Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memiliki gelar golden boy of America atau anak emas Amerika.

Zulfan Lindan mulanya cerita membaca buku yang membongkar peran Central Intelligence Agency (CIA) atau badan intelijen AS dalam menjegal, menggulingkan, hingga kudeta seorang presiden. Zulfan mencontohkan peran CIA di Timur Tengah.

"Jadi peran CIA itu sangat besar, dan kita lihat di Timur Tengah, misalnya bagaimana peran CIA, Mossad, mengganggu Syria, mengganggu Lebanon, Iran semuanya. Jadi kita tidak bisa bilang itu tidak bisa," kata Zulfan saat diskusi Adu Perspektif dengan tema 'Membaca Manuver Tabloid, Dewan Kolonel, hingga Isu Dendam Lama' yang diselenggarakan detikcom dan Total Politik, Senin (26/9/2022).

"Jadi tetaplah tangan-tangan asing punya kepentingan, apa lagi negara seperti Amerika negara super power itu pasti menggunakan. Itu punya kepentingan semua," imbuhnya.

Zulfan Lindan kemudian bercerita mengenai gelar SBY yang dia dengar. SBY, kata Zulfan Lindan, bergelar golden boy of America atau anak emas Amerika.

"Itu kesimpulannya, orang mengatakan, apa kesimpulannya? Gelar SBY itu orang jangan lupa, disebutkan sebagai the golden boy of America, ya kan? Kita dengar itu," ujarnya.

Namun, gelar anak emas Amerika itu dibantah oleh SBY menurut Zulfan Lindan. Kendati demikian, menurutnya, gelar anak emas Amerika itu bukan lagi menjadi rahasia umum.

"Pak SBY membantah, 'Tidak benar saya jadi the golden boy' kan begitu, bantah saja. Tapi kalau kita bicara dengan banyak orang, itu gelar the golden boy of America," ujar Zulfan Lindan.

(rfs/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT