PDIP Ngaku Sama-sama Partai 'Sandal Jepit' dengan PKB, Ini Kata Gerindra

ADVERTISEMENT

PDIP Ngaku Sama-sama Partai 'Sandal Jepit' dengan PKB, Ini Kata Gerindra

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 11:31 WIB
Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (Foto: dok Istimewa)
Foto: Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (Foto: dok Istimewa)
Jakarta -

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengaku partainya punya kesamaan dengan PKB yakni sama-sama partai wong sandal jepit. Gerindra menilai ungkapan itu simbolik merefleksikan partai kerakyatan.

"Ya itu kan semua secara simbolik merefleksikan sebagai partai kerakyatan, kan, gitu. Ya Gerindra juga ada kesamaan justru. Kan kami juga partai kerakyatan," kata Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2022).

Dasco lantas mengatakan Gerindra pun berasal dari basis kerakyatan. Dasco menyebut mayoritas basis Gerindra petani hingga nelayan.

"Di Gerindra itu kan elemen-elemen kerakyatannya itu kan ada dari petani, HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia). Kemudian ada dari nelayan, buruh. Nah itu juga kita partai juga kerakyatan," lanjut Dasco.

Diketahui, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sendiri pernah menjadi Ketua Umum HKTI. Dasco mengatakan basis suara Prabowo cukup kuat di kalangan petani.

"Iya (basis suara Prabowo kuat) di petani dan nelayan kan gitu ya, sehingga ya bagus ajalah kan memang kita ini mau mengharapkan dukungan dari rakyat," ujarnya.

Dasco juga menepis apabila ada anggapan parpolnya hanya kalangan elite mengingat Prabowo datang dari kalangan TNI. "Ya nggaklah. Basis kita itu basis petani dan nelayan," imbuhnya.

Dengan adanya kesamaan itu, Dasco tak menutup peluang jika PDIP ingin gabung ke koalisinya bersama PKB. Tinggal bagaimana dinamika politik yang berjalan.

"Nah kesamaan ini nanti tergantung skenario yang diatur oleh yang di atas. Kita semua berdoa," katanya.

"Kan kita ngebuka diri terhadap semua partai apalagi sama PDIP. PKB sudah (berkoalisi). PDIP, ya nggak ada masalah," imbuhnya.

Simak video 'Puan Akrab dengan Cak Imin, Koalisi Gerindra-PKB Bakal Tambah PDIP?':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikut

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT