ADVERTISEMENT

Prabowo Dinilai Mulai Lirik RK Jadi Cawapres, tapi PKB Masih Prioritas

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 05:44 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengunggah foto bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Prabowo mengunggah foto tersebut usai Ridwan Kamil mendoakan dirinya menjadi presiden.
Foto: Prabowo dan Ridwan Kamil. (Instagram prabowo)
Jakarta -

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memuji kepemimpinan Gubernur Ridwan Kamil (RK) di Jawa Barat patut diperhitungkan. Ketum Gerindra itu dinilai sedang menimbang Ridwan Kamil jadi calon wakil presiden yang mendampinginya di 2024.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai Prabowo sedang melirik Ridwan Kamil menjadi pasangannya di 2024. Sebab, elektabilitas Ridwan Kamil cukup diperhitungkan.

"Sangat jelas Prabowo sedang menimbang Ridwan Kamil dilirik jadi cawapres. Pernyataan itu tentu tak lepas dari posisi RK sebagai gubernur yang saat ini punya elektabilitas lumayan diperhitungkan," kata Adi kepada wartawan, Minggu (25/9/2022).

Akan tetapi, Prabowo dinilai memiliki kendala jika mempertimbangkan Ridwan Kamil sebagai cawapres. Sebab, PKB yang saat ini telah menyatakan koalisi dengan Gerindra tetap menginginkan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai cawapres.

"Problemnya, kalau Prabowo menimbang RK dan nama lain, lalu Muhaimin Iskandar mau dikemanakan. Sementara Cak Imin harga mati harus maju. Kecuali, PKB ikhlas lillahi ta'ala berkoalisi dengan Prabowo yang tak wajib jadikan Cak Imin sebagai cawapres. Kalau itu beda cerita, RK bisa masuk radar calon pendamping Prabowo," sebutnya.

Adi menilai Cak Imin masih tetap berharap Prabowo meminang sebagai cawapres. Dia juga menilai Cak Imin ingin segera disahkan sebagai pendamping Prabowo di Pilpres 2024.

"Sampai saat ini Cak Imin tetap berharap bisa dipinang dan ditetapkan sebagai pendamping Prabowo. Buktinya, ketika dikaitkan dengan peluang mendampingi Prabowo, Cak Imin berkelakar ingin tanya Prabowo. Itu artinya, dari lubuk yang paling dalam Cak Imin ingin sekali rasanya segera disahkan Prabowo sebagai pendampingnya di 2024 nanti," jelasnya.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno (Dok Adi Prayitno)Adi Prayitno (Dok Adi Prayitno)

Lebih lanjut, Adi menilai Prabowo masih memprioritaskan PKB. Di sisi lain, Prabowo dinilai ingin menjaga komunikasi politik dengan kepala daerah.

"Pernyataan Prabowo itu untuk menjaga komunikasi politik dengan RK sebagai Gubernur Jabar. Di Jatim juga Prabowo puji Khofifah. Semua itu untuk kebutuhan komunikasi politik saja. Tetap saja Prabowo anggap PKB adalah prioritas," kata dia.

Simak video 'Pertemuan Cak Imin-Prabowo di Magelang, Ajak Partai Lain Koalisi':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Prabowo puji Ridwan Kamil pada halaman berikut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT