Dinilai Peduli Desa-Pro Rakyat, Ganjar Didukung Warga Kabupaten Bogor

ADVERTISEMENT

Dinilai Peduli Desa-Pro Rakyat, Ganjar Didukung Warga Kabupaten Bogor

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 24 Sep 2022 21:47 WIB
Sahabat Ganjar
Foto: Istimewa
Jakarta -

Setidaknya 500 warga desa yang bergabung dalam relawan Des Ganjar (Desa untuk Ganjar) Kabupaten Bogor mendeklarasi dukungan 'Ganjar Presiden 2024' di Lapangan Alun-alun Klapanunggal, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dukungan ini diberikan lantaran menurut mereka Ganjar Pranowo mempunyai sejumlah aksi nyata dalam upaya memajukan desa di Jawa Tengah. Di samping itu, gerakan tersebut juga didasari keinginan masyarakat desa untuk maju dan sejahtera.

Ketua Des Ganjar Kabupaten Bogor, Ade Endang Saripudin mengatakan warga desa di Kabupaten Bogor pun menambahkan pendekatan dan berbagai program inovatif Ganjar Pranowo dinilai dapat mewujudkan hal tersebut.

"Hari ini kami sebagai relawan Des Ganjar berkumpul untuk mendukung Pak Ganjar, karena beliau peduli dengan masyarakat di kalangan desa seperti kami," ucap Ade dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/9/2022).

Lebih lanjut, Ade mengatakan terdapat sejumlah program Ganjar yang mampu memajukan desa. Beberapa di antaranya, program Satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Satu Desa Dampingan yang dapat menumbuhkan ekonomi kreatif warga lewat pembangunan dan pendampingan, kemudian melibatkan peran pemuda guna mendorong perwujudan desa berdikari.

Ada pula konsep Desa Kembar yang digagas Ganjar dengan tujuan agar desa-desa yang tertinggal bisa maju dan distribusi kesejahteraan jadi lebih merata.

Selain itu, kata Ade, Ganjar juga memberikan stimulus padat karya sebesar Rp 1,189 triliun untuk 7.809 desa guna menggairahkan perekonomian di pelosok desa pada 2020. Sampai saat ini, Ganjar juga kerap meninjau langsung pengelolaan bantuan padat karya produktif ke desa-desa penerima.

Tak sampai di situ, Ganjar juga terus menggenjot pembangunan infrastruktur desa karena menjadi syarat utama untuk pembangkitan perekonomian. Salah satu contohnya pada tahun 2021, Pemprov Jateng menggelontorkan bantuan sebesar Rp7,25 miliar untuk pembangunan jembatan yang menjadi kunci lalu lintas menuju pasar di Desa Senowo sekaligus menjadi akses evakuasi Gunung Merapi. Terbukti, selesai dibangun, Pendapatan Asli Daerah (PAD) desa dan penjualan pedagang meningkat signifikan.

"Memang program-program itu yang diharapkan masyarakat terutama lapisan masyarakat yang desanya terisolasi. Untuk infrastruktur Pak Ganjar sangat positif menurut kami. Insyaallah pak Ganjar jadi presiden di 2024," kata Ade.

Terkait hal ini, warga Kabupaten Bogor berharap kesuksesan Ganjar di Jawa Tengah, khususnya dalam pembangunan desa, dapat diperluas hingga ke tingkat nasional. Oleh karena itu, Ade mengatakan pihaknya akan terus menyosialisasikan dan menjaring suara masyarakat yang mendukung Ganjar Pranowo untuk maju menjadi presiden 2024..

"Kami akan membuktikan bahwa Bapak Ganjar Pranowo layak menjadi presiden 2024 melalui sejumlah kegiatan positif sampai ke seluruh penjuru Kabupaten Bogor," kata Ade.

Sementara itu, salah satu warga Desa Klapanunggal, Pujiastuti (40) mengaku telah mengikuti rekam jejak Ganjar selama duduk di kursi pemerintahan. Menurutnya, sifat Ganjar yang humoris, tegas antikorupsi, dan terus berupaya membangun desa membuat Gubernur Jawa Tengah ini makin dicintai rakyat.

"Menurut saya, Bapak Ganjar Pranowo itu pro rakyat, sering blusukan dan memberikan perhatian dengan kalangan bawah. Sikap ini yang perlu dipertahankan, dan saya berharap semoga beliau bisa menjadi Presiden 2024 demi Indonesia yang maju dan sejahtera," pungkas Pujiastuti.

Sebagai informasi, deklarasi relawan Des Ganjar Kabupaten Bogor turut diramaikan berbagai penampilan kesenian tradisional seperti tarian Lengser dan Bajidor Kahot khas Jawa Barat.

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT