ADVERTISEMENT

PKB Terbuka Koalisi dengan Golkar, PAN Singgung Gerindra Cocok Gabung KIB

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 24 Sep 2022 08:12 WIB
Anggota DPR Fraksi PAN Saleh Daulay
Saleh Daulay (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

PKB dan Gerindra terbuka berkoalisi dengan Golkar. PAN, parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar, angkat bicara.

"Apakah nanti misalnya Golkar akan justru bergabung ke (koalisi) Gerinda dan PKB. Nah saya kira wacana terkait itu mungkin saja itu terbuka juga, tetapi bukan berarti Golkar dengan sendirinya akan meninggalkan KIB," ujar Ketua DPP PAN Saleh Daulay kepada wartawan, Jumat (23/9/2022).

Menurutnya koalisi KIB lebih dahulu dibentuk ketimbang koalisi lain. Kesepahaman dan kesepakatan sudah terjadi di antara 3 parpol KIB.

"Jadi kalaupun nanti misalkan Golkar hendak melakukan katakanlah perluasan koalisi dengan partai lain, maka tentu akan dibicarakan juga di tingkat internal KIB, saya yakin nanti pasti akan ada pembicaraan-pembicaraan," imbuh Saleh.

"Bagus juga kalau misalkan Gerindra bergabung di KIB, jadi bukan sebaliknya KIB yang bisa ke Gerindra," tegasnya.


PKB Terbuka Koalisi dengan Golkar

Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid mengatakan komitmen koalisi PKB dan Gerindra menghendaki pemilu berjalan dengan tertib, damai, dan sukacita. Jazilul juga memastikan parpolnya membuka komunikasi dengan semua partai menjelang perhelatan Pilpres 2024, termasuk dengan Golkar.

"Komitmen PKB dan Gerindra ingin pemilu tertib, damai dan riang gembira maka silaturahmi dan komunikasi mesti terus dibuka dengan semua partai," kata Jazilul saat dihubungi, Jumat (23/9/2022).

Bukan tanpa alasan, Jazilul melihat kondisi Koalisi Indonesia Bersatu yang kini makin tidak pasti. Terlebih, kata dia, ada salah satu partai dalam koalisi yang sibuk menyelesaikan masalah internalnya.

"Apalagi dengan KIB yang makin tidak pasti arahnya," ujarnya.

"Ada yang masih sibuk soal internalnya," lanjut dia.

Wakil Ketua MPR ini lalu menyebut koalisinya dengan Gerindra-lah yang paling solid saat ini. Diketahui, sejauh ini ada dua koalisi yang muncul di peta perpolitikan nasional, yaitu Koalisi Gerindra-PKB dan KIB.

Simak Video 'Airlangga Bicara Kemungkinan Partai Gerindra Gabung KIB':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT