Saat SBY Dianggap Bidik Jokowi

ADVERTISEMENT

Saat SBY Dianggap Bidik Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 06:14 WIB
Presiden Joko Widodo menerima Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka. Keduanya terlihat berbincang santai dan minum teh bareng di beranda Istana.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Anung/SBY Centre)

Namun, yang menjadi problem yakni ketika kemunculan dua paslon itu merupakan hasil rekayasa politik. Dia kemudian menyinggung bahwa Hasto pernah menyampaikan bahwa pemilu nanti diikuti oleh dua paslon.

"Begini ya, pemilu itu kan ada dua. Pertama, hari H-nya, atau ibarat perkawinan itu resepsinya. Kedua, proses persiapannya. Proses persiapannya itu harus bagus, sesuai dengan demokrasi. Jadi kalau memang dua calon terjadi secara alamiah, misalnya tidak ada orang yang berani mencalonkan diri, itu kan proses demokrasi. Tapi kalau sudah ada upaya-upaya tertentu untuk mengatur sehingga hanya menginginkan 2 pasang saja dan 2 pasang itu yang bilang PDIP loh, melalui Pak Hasto," katanya.

"Tentunya kita sangat heran dan bertanya kenapa sampai keluar statement pernyataan itu. Nah jadi Pak SBY inikan pergaulan politiknya luas, informasi juga bukan seperti informasi sembarangan ya. Jadi ada informasi yang belum bisa kita kemukakan kepada publik bahwa memang ada upaya atau rekayasa seperti itu," lanjut dia.


(rfs/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT