ADVERTISEMENT

Respons Santai 'Dewan Kolonel' Puan usai Muncul 'Dewan Kopral' Ganjar

Nahda Utami - detikNews
Kamis, 22 Sep 2022 12:45 WIB
Jakarta -

Ketua relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) Immanuel Ebenezer atau Noel menyebut pihaknya akan membuat tandingan 'Dewan Kolonel' dengan membentuk 'Dewan Kopral' untuk mendukung Ganjar maju sebagai capres. Anggota DPR RI Fraksi PDIP Junimart Girsang merespons santai munculnya 'Dewan Kopral'.

"Saya justru nggak tahu kok 'Dewan Kopral'. Silakan saja," kata Junimart di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Junimart menuturkan pembentukan 'Dewan Kolonel' yang diinisiasi legislator PDIP tak ada kaitannya dengan partai. Hal itu, jelas Junimart, sebagai bentuk dukungan terhadap Puan.

"Jadi kalau disebutkan bahwa tidak ada urusan dengan partai, ini kan memang tidak ada urusan dengan partai. Ini kan suara-suara kami di DPR ini ketika berkumpul, berwacana-wacana," ujar anggota 'Dewan Kolenel' itu.

"Setelah itu kami bentuk dalam bentuk komunitas, Pak Utut, Pak Pacul mengatakan akan lapor ke Ibu Puan Maharani," tambahnya.

Lebih lanjut, Junimart mengatakan inisiasi pembentukan 'Dewan Kolonel' terjadi saat para legislator berada di ruang Fraksi PDIP. Pembentukan 'Dewan Kolonel' juga sebagai bentuk semangat menunggu keputusan Megawati Soekarnoputri.

"Kalau ditanya dekol itu saya mengatakan dekol itu ada dan itu kami inisiasi di ruangan Fraksi PDIP DPR RI dengan beberapa orang. Apa dasarnya? Semangat kami sambil menunggu perintah Ibu Ketua Umum siapa yang menjadi bakal calon dari PDIP. Boleh dong kami punya angan-angan dan ini memang tidak masuk dalam struktur partai," jelasnya.

Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto senada dengan Junimart menanggapi dengan santai munculnya 'Dewan Kopral' dukung Ganjar. "Ya itu kan maunya mereka, ya boleh-boleh saja," kata Utut.

Utut menjelaskan konsep 'Dewan Kolonel' yang dicetuskan oleh anggota DPR Fraksi PDIP Johan Budi. Dia menyebut 'Dewan Kolonel' itu sebagai bentuk dukungannya terhadap Puan Maharani.

"Kalau kami ini cuma ya Mas Johan Budi memberikan julukan supaya semangat kalau konsep besarnya kan membantu Mbak Puan," ujarnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT