ADVERTISEMENT

Isu NasDem Pamit ke Jokowi soal Beda Arah di 2024 Menguat

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 20 Agu 2022 11:05 WIB
Ilustrasi Surya Paloh membisiki Jokowi menjelang reshuffle kabinet.
Ilustrasi Jokowi dan Surya Paloh. (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Ketum Partai NasDem Surya Paloh bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka kemarin. Isu Partai NasDem pamit ke Jokowi sebagai penegasan beda arah politik di 2024 menguat.

Isu NasDem pamit ke Jokowi menguat ini diangkat oleh Direktur Eksekutif Indostrategic Ahmad Khoirul Umam saat diskusi MNC Trijaya dengan tema 'Menakar Gagasan dan Visi Capres 2024', Sabtu (20/8/2022). Umam mendengar kabar Paloh bertemu dengan Jokowi di Istana.

"Informasi yang beredar, kemarin itu Pak Surya Paloh bertemu dengan Pak Presiden di Istana," kata Umam.

Umam mendapatkan kabar bahwa pertemuan Paloh dan Jokowi di Istana sebagai bentuk pamitan NasDem ke Jokowi karena akan beda arah politik di 2024. Namun, di sisi NasDem menegaskan bahwa pertemuan Paloh dan Jokowi hal rutin dan biasa.

"Muncul sejumlah informasi bahwa pertemuan tersebut, meskipun diklaim teman-teman dari NasDem itu sebuah pertemuan rutin, tetapi konon kabarnya itu sebuah pertemuan yang menyampaikan sejumlah informasi yang cukup valid yang intinya adalah sebagai bentuk pamitan secara politik sebagai penegasan dari titik beda dari arah perjuangan menuju di 2024," ujarnya.

Jika isu NasDem pamit ke Jokowi karena beda arah politik di 2024 menguat, akan memunculkan gerbong baru koalisi menuju 2024. Koalisi NasDem, Partai Demokrat, dan PKS pun menguat menuju 2024.

"Kalau benar informasi itu, dan tidak spekulatif, dan kemudian terjustifikasi, maka besar kemungkinan kutub kekuatan baru yang dimotori NasDem, Demokrat, dan PKS akan segera dideklarasikan pada waktu terdekat ini. Ini harus terus di-maintance," imbuhnya.

Surya Paloh Temui Jokowi di Istana

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh diketahui memang bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta. Pertemuan berlangsung Jumat (19/8) sore.

Sekjen NasDem Johnny G Plate mengkonfirmasi pertemuan tersebut. Johnny mengatakan pertemuan berlangsung sekitar dua jam.

"Mulai jam 4 Bang Surya ke Istana, ketemu presiden sampe jam 6 kayaknya, dua jam kira-kira," kata Johnny ketika dikonfirmasi.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Simak juga Video: Politisi Senior NasDem Bicara Peluang Jokowi jadi Cawapres Prabowo

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT