ADVERTISEMENT

Setuju soal Koalisi Besar, PAN Ajak Demokrat Gabung KIB

Nahda Rizki Utami - detikNews
Jumat, 19 Agu 2022 02:39 WIB
Viva Yoga Mauladi
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

PAN menanggapi Partai Demokrat yang buka-bukaan membutuhkan koalisi besar untuk memenangkan Pemilu 2024 dan menjalankan pemerintahan. PAN setuju dengan koalisi besar dan mengajak Demokrat untuk bergabung bersama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan Golkar dan PPP.

"PAN setuju dengan PD bahwa dalam membentuk pemerintahan ke depan diperlukan koalisi besar dalam membangun pemerintahan baru atau dengan kata lain, pemerintahan eksekutif yang didukung oleh mayoritas partai politik di DPR RI," kata Waketum PAN Viva Yoga Mauladi, kepada wartawan, Kamis (18/8/2022).

Viva menyebut koalisi besar itu dinilai penting. Koalisi besar, sebut Vuva, dapat menjaga kemitraan antara lembaga legislatif dan eksekutif.

"Hal itu penting. Pertama, untuk menciptakan stabilitas politik dan menjaga harmoni kemitraan antara lembaga legislatif dan eksekutif," jelas Viva.

"Harmoni kemitraan ini jangan diartikan akan mendegradasi fungsi kontrol parlemen terhadap pemerintah. Fungsi pengawasan DPR harus ditingkatkan kualitasnya agar pemerintah menjadi bersih, kuat, dan sesuai harapan rakyat," sambungnya.

Menurutnya, Indonesia haruslah dikelola oleh seluruh masyarakat dengan mekanisme demokrasi. Dengan itu, semangat gotong royong akan terbangun.

"Kedua, Indonesia ini negara besar. Harus dikelola secara kolektif dari seluruh komponen masyarakat melalui mekanisme demokrasi. Hal ini untuk memupuk semangat kegotong-royongan dalam perjuangan untuk membangun peradaban Indonesia," ujarnya.

Viva mengatakan PAN akan senang jika Demokrat dapat bergabung ke dalam KIB. Dia juga merasa Golkar dan PPP akan senang jika Demokrat bergabung dalam koalisinya.

"Oleh karena itu, di pilpres 2024, kan sudah ada Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). PAN akan senang dan bergembira jika Partai Demokrat dapat bergabung di KIB. Saya yakin kalau Golkar dan PPP tentu juga akan senang," imbuh Viva.

Lebih lanjut, Viva meyakini elektoral pasangan calon (paslon) yang diusung akan meningkat jika Demokrat bergabung ke dalam KIB.

"Karena dengan bergabungnya Partai Demokrat tentu akan menambah kekuatan politik dan peningkatan elektoral pasangan calon yang diusung KIB di pilpres 2024," kata Viva.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT